Breaking News:

Berita Kota Kupang Terbaru

BKKBN Kota Kupang Lakukan Pendataan Keluarga Secara Serentak Mulai 1 April

pendataan keluarga ini dilakukan secara serentak di Indonesia untuk menyediakan basis data keluarga untuk menjadi acuan perencanaan salah satunya menc

Penulis: Yeni Rachmawati | Editor: Ferry Ndoen
pk/yen
Kepala BKKBN Kota Kupang, dr.Fransisca 

POS-KUPANG.COM | KUPANG -- Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana (BKKBN) Kota Kupang secara serentak melakukan pendataan keluarga sebagai basis data yang memuat informasi keluarga yang beresiko stunting. 

Kepala BKKBN Kota Kupang, Fransisca, mengatakan pendataan keluarga ini dilakukan secara serentak di Indonesia untuk menyediakan basis data keluarga untuk menjadi acuan perencanaan salah satunya mencegah stanting. Hal itu dilakukan guna mencegah dan menurunkan angka stanting atau gizi buruk.

Dikatakannya pendataan keluarga menjadi program penyediaan basis data yang memuat informasi keluarga beresiki stunting dengan data antropometri balita, diantaranya tinggi badan  berat badan,  lingkar lengan atas dan lingkar kepala.

Ia menjelaskan data kasus stunting di kota Kupang pada 2019 tercatat sebanyak 3.892 anak, pada 2020 naik secara signifikan sebanyak 5.151 kasus stunting.

Kota Kupang ditargetkan mendata sebanyak 103 ribu keluarga yang akan dilaksanakan pada 1 April hingga 31 Mei 2021. Petugas atau kader BKKBN akan mendatangi Setiap keluarga dengan prioritas sasaran pasangan usia subur, ibu hamil dan keluarga dengan riwayat kasus stunting

"Untuk data kasus stunting diharapkan ada penurunan sebanyak 14%. Dengan adanya pendataan keluarga secara maksimal dapat mendeteksi lebih awal untuk tindak pencegahan sekaligus menekan jumlah kasus dengan target penurunan kasus hingga 14%," ujarnya. (Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Yeni Rachmawati).

Baca juga: Begini Penjelasan Gubernur NTT Terkait Program Tanam Jagung Panen Sapi, Info

Kepala BKKBN Kota Kupang, dr.Fransisca
Kepala BKKBN Kota Kupang, dr.Fransisca (pk/yen)
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved