Breaking News:

Yayasan Kalakioma Kembangkan Varietas Padi Inpari Penangkal Stunting di Kabupaten Sumba Barat Daya

Pengembangan benih padi inpari tersebut dilakukan karena memiliki nilai gisi yang dapat menurunkan stunting di daerah itu.

Penulis: Petrus Piter | Editor: Rosalina Woso
POS-KUPANG.COM/PETRUS PITER
Ketua Yayasan Kalakioma, Yulius Bobo, S.E,M.M dengan latar tanaman padi yang menjadi lahan pengembangan varietas padi inpari di  lahan persawahan Waekeloh, SBD.  

Yayasan Kalakioma Kembangkan Varietas Padi Inpari Penangkal Stunting di Sumba Barat Daya

POS-KUPANG.COM|TAMBOLAKA--- Yayasan Kalakioma yang bergerak dibidang pemberdayaan masyarakat desa membina dan  mendampingi petani  Desa Tema Tana kecamatan Wawewa Timur, Kabupaten Sumba Barat Daya melakukan penangkaran benih padi inpari untuk memenuhi kebutuhan benih  bagi petani di Pulau Sumba.

Pengembangan benih padi inpari tersebut dilakukan karena memiliki nilai gisi yang dapat menurunkan stunting di daerah itu.

Ketua Yayasan Kalakioma, Yulius Bobo, S.E,M.M  menyampaikan hal itu kepada POS-KUPANG.COM  di lokasi persawahan Waekelo Sawah, Desa Tema Tana, Kecamatan Wewewa Timur, Kabupaten Sumba Barat Daya Senin (22/3/2021).

Menurutnya,   pengembangan  varietas padi inpari  memiliki nilai gizi yang mampu menurunkan stunting di Sumba Barat Daya dengan dukungan penuh anggota DPD RI asal NTT  Asyera Wundalero.

Pada tahap pertama ini mengembangkan penangkaran benih padi inpari seluas 4 ha. Harapan  dapat  menghasilkan 8 ton per hektar dan dapat  dikembangkan  lagi pada musim tanam II dengan lahan lebih luas.

"Kalau bisa menghasilkan 5 sampai 10 ton pada fase tanam kedua pada bulan juni 2021 ini maka  bisa perluas pengembangannya  hingga  ratusan hektar," katanya.

Sementara itu pengawas benih tanaman Yosep Lanidal menambahkan setiap  benih unggul yang dibagikan kepada petani, pihaknya selalu melakukan sertifikasi benih untuk digulirkan lagi kepada petani. 

Baca juga: Pantai Waikelo atau Waikelo Beach di Kabupaten Sumba Barat Daya

Kebutuhan benih padi di Kabupaten Sumba Baray Daya tergolong sangat tinggi. Karena itu langkah pengembangan penangkaran benih padi inpari adalah solusi menjawab kebutuhan petani di wilayah itu. (Pet)

Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved