Breaking News:

Berita Kota Kupang Terbaru

Masyarakat Kota Kupang Diajak Sadar Buang Sampah Sesuai Jadwal

Dinas Kebersihan dan Lingkungan Hidup (DLHK) Kota Kupang terus berupaya mengatasi masalah sampah di kota Kupang. Tentunya pihak dinas tidak dapat bek

Editor: Ferry Ndoen
POS-KUPANG.COM/YENI RACHMAWATI
Orson Nawa 

POS-KUPANG.COM | KUPANG-- Dinas Kebersihan dan Lingkungan Hidup (DLHK) Kota Kupang terus berupaya mengatasi masalah sampah di kota Kupang. Tentunya pihak dinas tidak dapat bekerja sendiri namun perlu berkolaborasi sehingga permasalahan sampah dapat tertangani secara menyeluruh. Salah satunya dengan masyarakat dapat mematuhi jadwal pembuangan sampah.

Kepala Dinas Kebersihan dan Lingkungan Hidup (DLHK), Orson Nawa, meminta agar warga kota dapat mengikuti jadwal  pembuangan sampah yang telah ditetapkan oleh dinas sehingga kota terlihat bersih dari sampah. 

Dikatakannya, karena dinas mengangkut sampah secara rutin sesuai jadwal yang. Tapi bila warga membuangnya di luar jadwal yang ditentukan maka terjadi penumpukan dimana-dimana, yang menyebabkan sampah berserakan. 

Diakuinya aturan soal sanksi kepada masyarakat masih lemah dan belum bisa diterapkan. Karena belum ada aturan turunan yang kuat dan tegas bagi masyarakat, sehingga yang dilakukan selama ini hanya imbauan dan pendekatan persuasif saja.

Ia menyetujui bila diterapkan sanksi untuk hal tersebut. Pihaknya akan berkoordinasi dengan komisi terkait di DPRD kota, agar bisa mengatur soal sanksi ini.

"Kami tentu akan berkoordinasi dengan komisi terkait agar bisa mengatur hal ini. Penanganan harus menyeluruh seperti ini, sehingga bisa membentuk kesadaran masyarakat," tuturnya.

Ia berharap adanya kerja sama yang baik dari semua pihak dalam menangani persoalan sampah di Kota Kupang. 

"Sebab hal paling utama dalam menerangi sampah ini, soal kesadaran masyarakat," tuturnya. (Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Yeni Rachmawati).

Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved