Breaking News:

TRIBUN WIKKI

TRIBUN WIKI : Bukit Teleng Bagaikan Surga Kecil di Ujung Timur Batas Manggarai Timur 

sangat cocok untuk spot foto berlatarkan pemandangan alam yang indah yang Sang Khalik lukiskan untuk ciptaan

Penulis: Robert Ropo | Editor: Rosalina Woso
POS-KUPANG.COM/ROBERT ROPO
Bukit Teleng di Desa Gunung Manggarai Timur 

TRIBUN WIKI : Bukit Teleng Bagaikan Surga Kecil di Ujung Timur Batas Manggarai Timur 

POS-KUPANG.COM --Wilayah Kabupaten Manggarai Timur juga menyimpan banyak spot wisata alam yang cukup menggoda. Banyak ditemukan pemandangan alam yang indah dan menakjubkan.

Salah satunya adalah Bukit Teleng atau oleh muda-mudi setempat menyebutnya bukit ini sebagai bukit Cinta. Bukit Cinta ini terletak di wilayah perbatasan Kabupaten Manggarai Timur dan Kabupaten Ngada tepatnya di Desa Gunung, Kecamatan Kota Komba, Kabupaten Manggarai Timur.

Mengapa bukit ini dibilang bagaikan surga kecil yang masih tersembunyi di ujung timur Manggarai Timur sebab pemandangan dari atas bukit ini cukup indah dan menggoda Anda untuk berlama-lama disana. Dari atas bukit ini Anda bisa menyaksikan hamparan padang Savana yang membentang luas hijau membaluti lereng-lereng bukit di sekitarnya. 

Selain itu, dari atas bukit ini juga Anda bisa menyaksikan keindahan gunung Inerie di sebelah Timur dan gunung Poco Ndeki serta bentangan pada padang savana Mausui di ujung Barat yang cukup indah mempesona. Bukan hanya ini saja, tapi panorama air laut berwarna biru dipadu dengan bentangan pasir pantai dari Mausui ke Aimere semakin menghipnotis mata Anda ketika Anda berada di atas puncak bukit ini.

Dari puncak bukit ini sangat cocok untuk spot foto berlatarkan pemandangan alam yang indah yang Sang Khalik lukiskan untuk ciptaan. Di atas puncak ini juga masih sangat alami, belum ada lopo-lopo untuk tempat beristirahat. 

Begitu juga belum ada rumah makan, cafe apalagi restoran sehingga Anda disarankan untuk membawa makanan dan minuman kesukaan anda secukupnya.

Disana juga belum ada tempat penginapan seperti home stay, vila apalagi hotel, sehingga disarankan Anda untuk mengatur waktu yang tepat untuk bisa pulang menginap di tempat penginapan di Borong.  Di Borong banyak tempat-tempat penginapan dengan harga cukup bersahabat.

"Pokoknya indah sekali bukit ini, alamnya cukup menggoda,"ungkap Vivin Suryani salah satu pengujung kepada POS-KUPANG.COM, Minggu (21/3/2021).

Vivin juga berharap agar bukit cinta itu bisa ditata/dikelola dengan baik baik pemerintah daerah maupun pihak swasta agar bisa membawa PAD dan dapat meningkatkan pendapatan ekonomi masyarakat setempat.

Untuk sampai ke Bukit Cinta ini, Anda harus menempuh perjalan sekitar 45 kilometer menuju arah Timur dari Kota Borong, Ibu Kota Kabupaten Manggarai Timur dengan memakan waktu sekitar 2 jam tergantung laju kendaraan yang Anda tumpangi.

Jalan yang Anda lalui cukup mulus. Anda dari Kota Borong mengikuti jalan Nasional Borong-Bawaja, badan jalan ini dengan aspal hotmix. Sebelum memasuki jembatan Wae Mokel di Wae Lengga, anda belok kiri mengikuti jalur jalan Kabupaten, jalan ini juga bagus meskipun ditemukan sejumlah titik jalan berlubang.

Baca juga: Bronjong Kali Maslete Kabupaten TTU Ambruk, Warga Bantaran Kali Resah

Sekitar 15 menit anda melintasi jalan ini, anda sudah bisa sampai di puncak bukit Cinta. Bukit Cinta ini berada tepat di bahu jalan ini. Selamat menikmati keindahan alam dari atas Bukit Cinta. (Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Robert Ropo)
 

 
 

Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved