Breaking News:

TNI dan Warga Perbatasan RI-RDTL Gotong royong Bangun Rumah Adat Suku Aumuti

memiliki keunikannya tersendiri dan membuatnya sangat cocok untuk menjadi destinasi wisata yang sangat menarik. 

Penulis: Edy Hayong | Editor: Rosalina Woso
POS-KUPANG.COM/ISTIMEWA
TNI dan Warga Perbatasan RI-RDTL Gotong royong Bangun Rumah Adat Suku Aumuti. 

TNI dan Warga Perbatasan RI-RDTL Gotong royong Bangun Rumah Adat Suku Aumuti

POS-KUPANG.COM I BETUN--- Negara Indonesia adalah sebuah negara yang dikenal dengan keanekaragaman budayanya.

Banyak pendatang asing yang pergi mengunjungi Indonesia tentunya sangat senang untuk melihat berbagai perbedaan yang ada pada setiap masing-masing wilayah. 

Semua daerah yang ada di Indonesia memiliki keunikannya tersendiri dan membuatnya sangat cocok untuk menjadi destinasi wisata yang sangat menarik. 

Salah satu bentuk keanekaragaman lainnya yang ada di Indonesia adalah banyaknya rumah adat yang khas daerah masing-masing.

 Setiap rumah adat yang ada di Indonesia memiliki bentuk dan desain yang berbeda-beda dan membuatnya menjadi sangat unik, rumah adat yang terkenal salah satunya adalah Rumah Adat Suku Aumuti yang terletak di Nusa Tenggara Timur. 

Dansatgas Yonarmed 3/105 Tarik, Letkol Arm Laode Irwan Halim, S.I.P., M.Tr.(Han), Minggu (28/2) menyebutkan bahwa personel satgas selama mengemban tugas di perbatasan juga turut melestarikan budaya rumah adat NTT dengan membangun rumah adat Suku Aumuti bersama masyarakat setempat. 

Rumah adat ini memiliki fungsi yaitu sebagai hunian tempat tinggal dan ada juga beberapa masyarakat yang memanfaatkannya sebagai tempat untuk menyimpan pusaka adat hingga hasil panen.

Kegiatan tersebut dilaksanakan di Dusun Lamusu, Desa Alas Utara, Kecamatan Kobalima Timur, Kabupaten Malaka, Provinsi Nusa Tenggara Timur. 

"Kegiatan ini bertujuan untuk terus menjalin kerja sama antara Prajurit TNI dengan masyarakat di wilayah perbatasan serta membantu meringankan beban masyarakat. Kegiatan ini juga ditujukan untuk menjalin silaturahmi serta wujud penghormatan Satgas kepada leluhur dengan melestarikan peninggalan rumah adat secara turun temurun," ungkapnya. 

Dikatakannya, dengan membaurnya personel Pos Ailala bertujuan agar mereka bisa lebih dekat dengan masyarakat guna menjaga hubungan dan memelihara sinergitas TNI bersama masyarakat perbatasan.

Sementara itu, Lusianus Mau (68) selaku Tokoh Adat di wilayah Desa Alas Utara mewakili masyarakat Dusun Lamusu mengucapkan rasa terima kasih kepada personel Satgas Yonarmed 3/105 Tarik yang turut membantu dalam proses pembangunan Rumah Adat Suku Aumuti tersebut.

Hari Pertama Masuk Kantor Pimpinan OPD dan ASN Berebutan Pose Bersama Bupati & Wabup Sumba Timur

Kinerja BTPN Syariah Tahun 2020: Nasabah Prasejahtera Tangguh, Pembiayaan Tumbuh

TK Nurul Iman Oebobo Gelar Festival Anak Sholeh Saat Pandemi

"Terimakasih pak TNI yang sudah membantu kami dalam membangun rumah ini, semoga Tuhan memberkati kebaikan bapak sekalian," ujarnya.(Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Edy Hayong)

Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved