Breaking News:

Kabar Gembira, 509 Pasien Covid-19 Sembuh di Empat Kelurahan di Kota Kupang

secara berkala melalui pemantauan langsung maupun pemantauan secara online menggunakan sambungan celular.

Istimewa/Dok Pribad Ns.
Foto Bersama kepala puskesmas Oepoi, kota Kupang. 

Kabar Gembira, 509 Pasien Covid-19 Sembuh di Empat Kelurahan di Kota Kupang

POS-KUPANG.COM | KUPANG -- Sebanyak 509 pasien covid-19 sembuh dari total pasien sebanyak 652 di empat kelurahan di kota Kupang per tanggal 26 Februari 2021. Empat kelurahan tersebut, kelurahan Tuak Daun Merah(TDM), Kelurahan Kayuputih, Kelurahan Oebufu dan Kelurahan Liliba, yang merupakan wilayah kerja puskesmas Oepoi, kota Kupang. 

Informasi ini disampaikan kepala UPTD Puskesmas Oepoi, Ns. Nurdiana Nurdin, S.Kep.,M.Kes Kepada POS-KUPANG.COM, Jumat (26/2).

Ia mengatakan, selain data tersebut, sebanyak 114 orang dilaporkan menjalani isolasi mandiri di rumah dan juga 13 orang menjalani perawatan di rumah sakit yang berada di kota Kupang.

Untuk mengetahui pasien yang terkonfirmasi atau tidak, selain mendapat laporan dari dinas kesehatan setempat, pihaknya juga mendapat laporan melalui call center milik puskesmas dan juga melalui hasil screnning yang di lakukan.

"Paling banyak laporan dari dinas kesehatan sedangkan dari laporan masyarakat dan screnning jumlahnya sedikit. Biasanya, yang melapor itu pasien yang sebelumnya melakukan Rapid di laboratorium kemudian datang melapor" sambung Nurdiana.

Terkait dengan pasien yang menjalani isolasi mandiri, Nurdiana menjelaskan, pihak puskesmas Oepoi akan melakukan pemantauan secara berkala melalui pemantauan langsung maupun pemantauan secara online menggunakan sambungan celular.

Pemantauan ini berdasarkan kriteria dari pasien. Pasien yang tergolong tanpa gejala atau ringan akan diarahkan untuk dilakukan pemeriksaan online dalam mengedukasi dan memberi penguatan selama 14 hari, sedangkan pasien yang terkonfrimasi positif dengan gejala akan di lakukan pemantauan langsung oleh petugas kesehatan dari puskesmas Oepoi.

Tenaga kesehatan yang ada di puskesmas Oepoi, kata Nurdiana, di bagi menjadi empat tim dalam mendukung proses pemantauan langsung di rumah pasien yang menjalani isolasi mandiri.

Tim tersebut terdiri dari tenaga kesehetan lingkungan, dokter, perawat, surveilen,promkes dan juga pihak kelurahan setempat.

Untuk mendapat surat keterangan dinyatakan sembuh dari covid-19, pasien yang sudah melakukan isolasi atau perawatan selama 14 hari akan mendatangi puskesmas untuk diperiksa agar memastikan lebih detail kondisi pasien tersebut sebelum dikeluarkan surat keterangan kesembuhan dari covid-19 oleh pihak puskesmas.

Andreas Liliweri Kenang Sosok Mantan Bupati Andreas : Lembata Kehilangan Seorang Pemimpin Sejati

Diketahui, jumlah nakes yang mendapat vaksin dari puskesmas Oepoi sebanyak 198 orang dengan rincian tahap satu sebanyak 198 tenaga kesehatan (nakes), sedangkan tahap dua sebanyak 104 nakes. Data ini termaksud nakes yang berada dari luar puksesmas Oepoi yang melakukan vaksin. (Laporan reporter POS-KUPANG.COM, Irfan Hoi)

Editor: Rosalina Woso
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved