Breaking News:

Selain Akses Keuangan, BTPN Syariah Lakukan Pemberdayaan Nasabah

tapi ada pula yang sudah lebih dari enam tahun. Modal yang diberikan pun bervariasi hingga puluhan juta.

POS-KUPANG.COMĀ / Intan Nuka
Kunjungan BTPN Syariah ke nasabah di Katonik Tablolong, Selasa (23/2/2021) 

Selain Akses Keuangan, BTPN Syariah Lakukan Pemberdayaan Nasabah

POS-KUPANG.COM | KUPANG -- Tak sekadar menyalurkan bisnis perkreditan, PT Bank Tabungan Pensiunan Nasional (BTPN) Syariah Tbk turut mendukung nasabah prasejahtera dengan memberdayakan usaha produktif. Communication Head BTPN Syariah, Ainul Yaqin menjelaskan, BTPN Syariah hadir dengan memberikan banyak manfaat kepada nasabah.

"Apa saja yang diperoleh nasabah kami? Pertama, akses keuangan atau modal usaha. Lalu, sistem keanggotaan secara berkelompok yang memungkinkan satu sama lain terus memotivasi. Berikutnya, program pelatihan dan pemberdayaan yang kami sebut daya. Dan tentu saja ada role model," jelasnya kepada wartawan saat melakukan kunjungan ke salah satu kelompok nasabah di Tablolong, Selasa (23/2/2021) sore.

Ainul menguraikan, program pemberdayaan bertujuan untuk membangun dan membesarkan usaha nasabah, memberikan pembelajaran untuk memperkuat keluarga, termasuk upaya preventif kesehatan. Sedangkan role model yang dimaksud adalah para petugas lapangan sebagai community officer (CO) yang juga disebut bankir pemberdaya.

Seorang CO atau bankir pemberdaya yang ditemui POS-KUPANG.COM, Lia Tualaka menjelaskan, tugas CO adalah melakukan mini meeting (MM) atau sosialisasi ke calon nasabah tentang produk bagi usaha mereka. Nantinya, dibentuk kelompok berjumlah 5-15 orang yang akan diberi pelatihan.

Sebelumnya, para calon nasabah akan disurvei untuk melihat referensi kebutuhan. Setelah melakukan pelatihan, mereka akan melakukan pencairan berkelompok sesuai dengan pengajuan nasabah. Ada pula pertemuan rutin sentra (PRS) yang mana para anggota kelompok berkumpul untuk mengangsur pinjaman setiap dua minggu sekali.

"Jadi nanti petugas ke sini setiap dua minggu," katanya.

Dalam momen PRS yang dilakukan oleh kelompok Katonik di Dusun III RT 006/RW 003 Desa Tablolong, tampak seorang bankir pemberdaya, Gita Kadji sedang memberikan penjelasan menggunakan modul daya terkait cara cuci tangan yang baik dan benar.

Beberapa perempuan pun terlihat antusias mendengarkan penjelasan dari Gita tersebut. Mereka adalah para nasabah yang telah merasakan manfaat dari pembiayaan yang diberikan BTPN Syariah. Para perempuan ini memiliki jenis usaha bermacam-macam, dari usaha rumput laut, jual ikan, kios, jualan kue, jualan bahan bakar minyak, dan usaha lainnya.

Ada yang baru menjadi nasabah selama satu tahun, tapi ada pula yang sudah lebih dari enam tahun. Modal yang diberikan pun bervariasi hingga puluhan juta.

"Pinjaman pertama Rp5 juta, sekarang pinjaman terakhir Rp52 juta. Saya usaha ikan, jualan ikan kirim sampai ke Atambua sudah empat tahun," ucap Agustina Markus Sau, seorang nasabah inspiratif BTPN Syariah di kelompok Katonik, Tablolong. Selama bergabung di BTPN Syariah, ia mengaku tak memiliki kesulitan apapun. Ia bahkan hanya menabung di BTPN Syariah.

Seorang nasabah lain yang baru bergabung September lalu, Leni Tupu mengaku mendapatkan pembiayaan Rp4 juta untuk modal usaha jualan ikan. Awalnya hanya satu ember ikan, kini ia kelola modal dan bisa berjualan hingga lima ember ikan. Para petugas selalu membantu memberikan penjelasan. Ia tak pernah kesulitan saat hendak mencairkan atau mengangsur.

Business Coach Area Sumbawa-Kupang, Nurhaidah menambahkan, jumlah nasabah BTPN Syariah di NTT per Desember 2020 hampir mencapai 12.000 nasabah. Para nasabah dibantu oleh 53 petugas yang tersebar di daratan Timor. 

Anda Sering Alami Stres Selama Pandemi Covid ? Terapkan Tips Praktis Versi Sekjen Menkes Ini

Ngobrol Asyik Bersama Kemenkumham Kanwil NTT, Pentingnya Hak Paten

"Secara aktif mereka lakukan pendampingan, tak sebatas ambil angsuran, melainkan menjaga semangat ibu-ibu dengan program daya," tandasnya. (Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Intan Nuka)

Penulis: F Mariana Nuka
Editor: Rosalina Woso
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved