Breaking News:

Guru-Guru di SMAK Frateran Ndao Ende Ikut Webinar Psikologi Deteksi Gaya Belajar & Bakat Siswa

siswa-siswi yang berpartisipasi aktif dan merayakan momen special bersama para siswa seperti dengan kartu ucapan.

POS KUPANG/LAUS MARKUS GOTI
Para Guru SMAK Frateran Ndao, Ende mengikuti seminar secara webinar, Senin (22/2/2021). 

Guru-Guru di SMAK Frateran Ndao Ende Ikut Webinar Psikologi Deteksi Gaya Belajar dan Bakat Siswa

POS-KUPANG.COM | ENDE -- Guru-guru di SMAK Frateran Ndao mengikuti webinar psikologi dengan topic mengetahui bakat minat  melalui tes inventory dan tes kecerdasan majemuk serta memahami gaya belajar siswa yang diadakan oleh bagian kurikulum SMAK Frateran Ndao selama dua hari, Jumat (19/2) dan Senin (22/2/).

Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum SMAK Frateran Ndao, Abdon Mae, S. Si dan Guru Bimbingan Konseling, Germanikus C. Fernandez, S.Psi, Msi kepada POS KUPANG.COM, Selasa (23/2/2021) mengatakan bahwa kegiatan seminar tersebut menghadirkan tiga pembicara masing-masing,Daisy Radnawati selaku tenaga ahli arsitek Lanskap dan Rosenta Saragih, Mpd, CH, CHt serta Tanti Susilarni, Msi, Psikolog.

Abdon mengatakan bahwa dalam masa pandemic corona para guru harus mampu menguasai teori efektifitas pembelajaran jarak jauh maupun tehknik melepas emosi di masa pandemic.

Dikatakan keefektifitasan pembelajaran daring skiil yang harus dikuasi oleh para guru dengan pembelajaran daring adalah memilki keterampilan di bidang tekhnologi  dan selanjutnya memahami pengunaan setiap aplikasi maupun media belajar daring seperti zoom maupun youtube juga instrgram serta  google classaroom maupun google form serta google jamboard.

Tujuannya ujar Abdon, agar para guru mampu merancang sebuah metode pembelajaran yang berlandaskan pada rencana pelaksanaan pembalajaran  sehingga menjadi lebih efektif dalam hal pengaturan pola dan menghemat waktu maupun biaya juga memudahkan penyampain materi maupun analisa penilain.

Di sisi lain ungkap Abdon secara psikologi para guru  juga harus mampu menciptakan momen kebersamaan dengan mangapresisasi siswa-siswi yang berpartisipasi aktif dan merayakan momen special bersama para siswa seperti dengan kartu ucapan.

Secara administrasi guru memberikan tugas yang bersifat menganalisa agar tidak mudah mencari jawaban di internet serta mampu menguji komptensi siswa dan mengakhiri pelajaran dengan rangkuman materi maupun pertanyaan guna menguji pemahaman siswa serta siswa diajak untuk berinteraksi.

Abdon menjelaskan  bahwa materi webinar dari narasumber dibawakan dari Jakarta sementara para peserta mengaksesnya melalui perangkat HP mapun laptop baik di sekolah.

“Tidak masalah meskipun tidak bertatap muka secara langsung karena yang terpenting adalah pesan-pesan yang diberikan oleh narasumber bisa diakses para guru yang pada akhirnya bisa diterapkan kepada siswa,”kata Abdon.

Guru Bimbingan Konseling, Germanikus C. Fernandez, S.Psi, Msi menambahkan manfaat bagi para guru dalam memahami teori dan instrument bakat maupun kecerdasan setidaknya para guru memiliki pemahaman landasan teori yang benar tentang ilmu psikologi terkhususnya teori bakat dan minat maupun kecerdasan.

KB Bukopin Siap Menjadi Bintang Finansial Indonesia Hari Ini

Korban Tanpa Identitas Yang Ditemukan Adalah Warga Semau

Warga Mulai Berdatangan di Lokasi Food Estate, ingin Lihat Presiden Joko Widodo

Selain itu memiliki skiil yang secara akurat mampu menempatkan bakat minat peserta didik pada penjurusan baik IPA dan IPS juga bahasa ujar  Germanikus.(Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Oris Goti)

Penulis: Laus Markus Goti
Editor: Rosalina Woso
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved