Breaking News:

25 Orang Karyawan Positif Covid-19, Tokoh Karya Ruteng Manggarai Ditutup Sementara

Sebanyak 25 orang karyawan terpapar Covid-19, Toko Karya Ruteng, di Kecamatan Langke Rembong, Kabupaten Manggarai ditutup sementara

POS-KUPANG.COM/ROBERT ROPO
Juru Bicara Satgas Covid-19 Kabupaten Manggarai, Lody Moa 

POS-KUPANG.COM | RUTENG---Sebanyak 25 orang karyawan terpapar Covid-19, Toko Karya Ruteng, di Kecamatan Langke Rembong, Kabupaten Manggarai ditutup sementara.

Juru Bicara Satgas Covid-19 Kabupaten Manggarai, Lody Moa, menyampaikan itu kepada POS-KUPANG.COM, Selasa (23/2/2021) siang.

Lody menjelaskan, kasus ini berawal dari sejumlah karyawan Toko tersebut yang menjalani pemeriksaan RDT-Ag secara mandiri dengan hasil pemeriksaan terkonfirmasi Positif Covid-19.

Diguyur Hujan Lebat, Presiden Joko Widodo Tinjau Lokasi Food Estate di Sumba Tengah

Lody juga menjelaskan, dari total 36 orang karyawan Toko Karya Ruteng yang telah melakukan Rapid Test Antigen, 25 orang karyawan terkonfirmasi positif Covid-19 dan 11 orang karyawan lainnya dinyatakan negatif Covid-19. Ke-25 orang karyawan ini kemudian diminta untuk menjalankan isolasi mandiri di tempat tinggalnya masing-masing.

Lody juga menjelaskan Kronologisnya, dimana berdasarkan penyampaian Pemilik Toko Karya Ruteng, Vinsen, kasus ini bermula saat sejumlah karyawan yang bekerja di Tokonya tidak masuk kerja karena alasan sakit.

Satgas Covid-19 Manggarai Timur Lakukan Rapid Antigen Massal Bagi ASN dan THL

"Tiga hari sebelum permintaan swab Rapid Test Antigen dilakukan, terdapat 2 orang karyawan yang menetap di rumah dan 6 karyawan yang menetap di luar tidak masuk kerja karena mengeluh sakit, dengan gejala semua badan terasa sakit, sakit kepala, batuk, flu dan demam. Hari berikutnya, 10 orang karyawan tidak masuk kerja lagi,"jelas Lody mengutip penyampaian Vinsen.

Karena curiga dengan situasi tersebut, Jelas Lody, Vinsen kemudian mengambil keputusan dengan meminta seluruh karyawan Toko tersebut yang berjumlah 36 orang melakukan pemeriksaan Rapid Test antigen dengan seluruh biaya pemeriksaan ditanggung oleh perusahaan.

"Dari hasil pemeriksaan Rapid Test yang telah dilakukan di Tempat dokter praktek/klinik Swasta, 25 orang karyawan Toko Karya Ruteng terkonfirmasi positif Covid-19. Seluruh karyawan yang hasil Rapid Test Antigen Positif Covid-19 langsung diberikan obat, vitamin serta mendapatkan Edukasi Kesehatan dan diminta untuk melaksanakan isolasi/karantina mandiri selama 14 hari dan setelah dinyatakan sehat oleh Tim Medis baru bisa melanjutkan kerja kembali di toko,"jelas Lody.

Terkait penanganan, ke-25 orang karyawan Toko Karya Ruteng, jelas Lody, telah menjalankan isolasi secara mandiri dan dipantau kesehatannya oleh Satgas Covid-19 (Tim Kesehatan). Sedangkan terkait aktivitas jual-beli, pemilik toko bersedia menutup toko selama sepekan guna dilakukan disinfeksi.

Dikatakan Lody, belum bisa dipastikan sumber awal penularan Covid-19 yang terjadi di Toko Karya Ruteng, Satgas Covid-19 masih melakukan penelusuran terkait sumber penularan.

Lody mengatakan, menurut pengakuan Pemilik Toko Karya, sejauh ini perusahaannya sudah menerapkan protokol kesehatan yang sangat ketat sesuai himbaun dan instruksi pemerintah yang disampaikan oleh pemerintah.

"Setiap pagi, karyawan yang masuk kerja sebelum masuk toko diwajibkan cuci tangan, ukur suhu badan, tangan disemprot alkohol atau handsanitizer, wajib pakai masker. Semua pembeli yang mau masuk juga diperlakukan sama,"ungkap Lody mengutip penyampaian Vinsen. (Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Robert Ropo)

Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved