Breaking News:

TNI Ajak Masyarakat Bercocok Tanam Gunakan Polybag

Personel TNI Satgas Yonarmed 3/105 Tarik ajak masyarakat bercocok tanam gunakan Polybag

POS-KUPANG.COM/ISTIMEWA
Satgas Yonarmed 3/105 Tarik sosialisasi cara Bercocok Tanam Gunakan Polybag buat warga perbatasan RI-RDTL. 

Personel TNI Satgas Yonarmed 3/105 Tarik ajak masyarakat bercocok tanam gunakan Polybag

POS-KUPANG.COM | BETUN - Bercocok tanam dalam rangka mewujudkan ketahanan pangan juga dapat dilakukan di lahan sempit seperti pekarangan rumah.

Hanya saja pemanfaatannya oleh masyarakat saat ini belum maksimal, dimana masyarakat lebih memilih bercocok tanam di lahan luas yang jauh dari rumah.

Padahal jika lahan sempit tersebut dioptimalkan, hasilnya juga dapat dinikmati untuk menambah penghasilan dan memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Personel TNI Satgas Pamtas Beri Motivasi Siswa Tetap Belajar di Masa Pandemi Covid-19

Untuk mengoptimalkan pemanfaatan lahan pekarangan rumah tersebut, anggota Pos Oepoli Tengah Satgas Yonarmed 3/105 Tarik berinisiatif memberikan penyuluhan tentang cara bercocok tanam menggunakan media polybag.

Tujuan untuk mengajak masyarakat perbatasan agar dapat memanfaatkan lahan sempit di rumah untuk bercocok tanam.

Diguyur Hujan Dua Jam, Jalur TDM Kupang Terendam

Penyuluhan diberikan kepada masyarakat perbatasan khususnya Kelompok Tani Oelbonak di Desa Netemnanu Utara, Kecamatan Amfoang Timur, Kabupaten Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Menurut Dansatgas Yonarmed 3/105 Tarik Letkol Arm Laode Irwan Halim, S.I.P., M.Tr.(Han), Senin (22/2) bahwa bercocok tanam menggunakan media polybag selain cukup praktis, dinilai juga sangat efektif dalam membantu masyarakat untuk memenuhi kebutuhan pangannya sehari-hari seperti sayur-sayuran, buah-buahan maupun kebutuhan lainnya.

"Pemahaman ini diberikan untuk menambah wawasan para petani setempat tentang berocok tanam yang efektif dan efisien dengan menggunakan polybag agar mendapatkan hasil yang lebih maksimal lagi. Selain itu drainase dan aerasi polybag juga sangat baik, sehingga tanaman cepat sekali subur," jelas Dansatgas.

Dikatakannya, keuntungan bercocok tanam dengan menggunakan media polybag adalah tanaman yang dibudidayakan tidak mengenal musim. Dengan begitu, dipastikan para petani dapat memanen kapan saja.

Pada kegiatan tersebut anggota Pos Oepoli Tengah mengajarkan cara mengolah tanah yang akan menjadi media tanam dengan mencampurkan tanah kebun, pupuk kompos dan pasir. Kemudian membagikan beberapa bibit tanaman gratis kepada Kelompok Tani Oelbonak sebagai bentuk dukungan Satgas kepada para petani yang hadir.

Landis Kurbafe (46) salah seorang warga yang hadir mengungkapkan ini merupakan kali pertama baginya mendapatkan penyuluhan tani dari TNI.

"Terimakasih Pak TNI, penyuluhan ini sangat bermanfaat bagi kami. Kami berharap cara cocok tanam lewat polybag bisa menambah penghasilan para petani," ujar Landis. (Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Edy Hayong)

Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved