Breaking News:

Renungan Harian Katolik

Renungan Harian Katolik, Senin 22 Februari 2021: IMAN KONTEKSTUAL

Yesus sering menantang para murid dan orang yang dijumpai-Nya dengan pertanyaan tentang identitas-Nya.

Foto Pribadi
Pater Steph Tupeng Witin SVD 

Renungan Harian Katolik, Senin 22 Februari 2021: IMAN KONTEKSTUAL (Matius 16:13-19)

Oleh: Pater Steph Tupeng Witin SVD

POS-KUPANG.COM - Yesus sering menantang para murid dan orang yang dijumpai-Nya dengan pertanyaan tentang identitas-Nya.

Misalnya, setelah Ia tiba di daerah Kaisarea Filipi, tiba-tiba Ia bertanya kepada para murid, "Kata orang, siapakah Anak Manusia itu?" (Mat 16:13).

Ini bisa diibaratkan, begitu masuk kelas, guru langsung buat ujian mendadak. Hampir pasti para murid tersentak kaget. Mungkin ada yang sampai kelabakan. Tapi pasti ada yang bisa memberi jawaban spontan berdasarkan apa yang ada dalam pikirannya.

Seandainya kita pun tiba-tiba diberondong oleh Yesus dengan pertanyaan kayak begitu, apa jawaban kita? Mungkin kita merasa kita sudah tahu. Kita enteng saja menjawab, "Engkau adalah Putera Allah, Sang Penyelamat".

Benar sih! Tapi apakah jawaban itu berasal dari keyakinan hati atau dari hafalan pelajaran agama saat sekolah?

Dalam banyak budaya, terdapat legenda-legenda kuno tentang dewa-dewi. Dalam cerita, komik dan film sering dimunculkan tokoh-tokoh tertentu yang hebat, superhero.

Sebut saja sekedar contoh: Robinhood, Rambo, Superwoman, dan sebagainya. Tetapi semua tahu bahwa itu hanyalah dongeng, fiksi, tokoh khayalan belaka.

Yesus tentu beda banget. Ia adalah seorang pribadi yang nyata dan historis. Ia hidup dan mati di bumi ini. Ia berkarya dan melakukan banyak perbuatan ajaib. Ia menunjukkan belas kasihan dan melakukan tindakan penyelamatan terhadap kita manusia.

Halaman
12
Editor: Agustinus Sape
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved