Breaking News:

Penanganan Covid

Pemkot Kupang Berencana Refocusing Anggaran Covid-19 Ini Penjelasan Truice Balina Oey

Pemkot Kupang berencana refocusing anggaran Covid-19 ini penjelasan Truice Balina Oey

POS-KUPANG.COM/Yeni Rachmawati
Wakil Wali Kota Kupang, Herman Man 

Pemkot Kupang berencana refocusing anggaran Covid-19 ini penjelasan Truice Balina Oey

POS-KUPANG.COM | KUPANG-- Sampai saat ini rencana Pemerintah Kota Kupang ( Pemkot Kupang) untuk melakukan refocusing anggaran, masih dilakukan pengkajian dan pembahasan bersama dengan tim anggaran Pemerintah Daerah Kota Kupang.

Kepala Badan Keuangan dan Aset Daerah Kota Kupang, Truice Balina Oey mengatakan, belum dapat angka pastinya, karena tergantung dari usulan rencana kebutuhan anggaran yang diusulkan oleh Dinas Kesehatan Kota Kupang dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah serta organisasi perangkat daerah lainnya yang terkait.

Memutus Rantai Penyebaran Covid-19 Babinsa Batakte Bagikan Masker Kepada Lansia

Ia mengatakan, ketika semua organisasi perangkat daerah yang terkait dalam upaya pencegahan dan penanganan Covid-19 mengusulkan rencana penggunaan anggaran, maka akan disampaikan kepada Sekretaris Daerah Kota Kupang sebagai ketua tim anggaran pemerintah daerah.

"Bila sudah dilaporkan ke Sekda maka kita akan langsung melakukan refocusing bersama dengan tim anggaran pemerintah daerah, karena DPRD juga sudah menyetujui rencana pemerintah untuk melakukan refocusing," tuturnya.

Promo KFC 22-23 Februari 2021, 2 Potong Ayam dan 3 Half Winger Rp 54.545

Menurutnya, untuk melakukan refocusing tim anggaran pemerintah daerah akan melakukan pemotongan atau menunda sementara program dan kegiatan yang tersebar di seluruh organisasi perangkat daerah.

Tentu, katanya, saat melakukan refocusing harus dilihat juga tentang skala prioritas dan program kegiatan yang tidak urgent. Sementara program kegiatan yang urgent dan sifatnya bersentuhan langsung dengan kebutuhan masyarakat tidak di refocusing.

Dijelaskannya tim anggaran pemerintah daerah juga bisa bekerja untuk melakukan refocusing anggaran sesuai dengan jumlah anggaran yang dibutuhkan, dalam waktu beberapa hari saja.

Tetapi sekarang masih menunggu kajian dari masing-masing dinas berapa jumlah anggaran yang mereka butuhkan untuk upaya pencegahan dan penanganan Covid 19.

Jadi setelah tim anggaran pemerintah daerah melakukan refocusing dan jumlah anggaran sudah sesuai dengan kebutuhan maka akan dilaporkan kepada sekda dan Wali Kota Kupang untuk dilihat dan disetujui.

Ada beberapa dinas yang mengurus berbagai upaya pencegahan dan Covid-19. Misalnya Dinas Kesehatan, BPBD, RSUD S K Lerik, dan dinas lainnya.

"Prinsipnya tim anggaran pemerintah daerah menunggu kajian tentang kebutuhan jumlah anggaran yang dibutuhkan oleh dinas-dinas teknis, barulah tim melakukan refocusing," katanya.

Wakil Wali Kota Kupang, Herman Man berharap proses refocussing penanganan Covid-19 selesai secepatnya dan bisa selesai tahun depan.

"Tidak boleh lama-lama lagi. Saya sudah bilang jangan lama-lama, setidaknya minggu depan sudah bisa selesai. Laporan terakhir belum saya terima," tuturnya.

Catatan Redaksi:
Bersama-kita lawan virus corona. POS-KUPANG.COM mengajak seluruh pembaca untuk selalu menerapkan protokol kesehatan dalam setiap kegiatan.
Ingat pesan ibu, 3M: Wajib memakai masker;
Wajib menjaga jarak dan menghindari kerumunan; Wajib mencuci tangan dengan sabun. (Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Yeni Rachmawati)

Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved