Breaking News:

Renungan Harian Katolik

Renungan Harian Katolik, Minggu 21 Februari 2021: Setia Berbakti kepada Tuhan!

Injil Markus hari ini berkisah tentang Yesus yang dicobai oleh iblis, setelah 40 hari berpuasa.

Dok Pribadi
RD Eman Kiik Mau 

Renungan Harian Katolik, Minggu 21 Februari 2021: Setia Berbakti Kepada Tuhan! (Markus 1:12-15)

Oleh: RD. Eman Kiik Mau

POS-KUPANG.COM - Injil Markus hari ini berkisah tentang Yesus yang dicobai oleh iblis, setelah 40 hari berpuasa.

Dalam semua cobaan itu, Yesus menegaskan sikap-Nya sebagai Putra Allah. Di hadapan godaan iblis, Yesus tetap memperlihatkan kesetiaan kepada Allah.

Dalam pengalaman Yesus, puasa lebih dari sekedar kewajiban. Puasa merupakan kesempatan untuk mengolah diri. Hal ini kemudian membantu Yesus dalam mengambil keputusan. Bahwa segala sesuatu yang dilakukan haruslah merupakan kehendak Allah.

Bagi orang beriman, puasa seharusnya menjadi kesempatan untuk mengolah diri, menyelaraskan keinginan pribadi agar sesuai dengan kehendak Allah. Godaan dalam setiap puasa akan selalu ada. Namun, jika kita memiliki relasi dengan Yesus yang tak mempan digodai iblis, maka setiap godaan tak bakal membuat kita jatuh ke dalam dosa.

Jika jatuh, bangkit kembali!
Jika gagal, coba lagi!
Jika kalah, berusaha lagi!
Jika salah, perbaikilah!
Tuhan setia bersamamu!

Setiap tahun kita diajak mempersiapkan diri menjelang Hari Raya Paska. Masa Pra Paska ini jangan hanya menjadi masa tenang namun menjadi masa pengenalan kembali dengan tajam akan ketaatan dan kesetiaan kita dalam mengikuti Yesus. Tanda paling jelas bahwa kita setia ikut Yeaus adalah pembaptisan kita.

Selama masa puasa ini, kita sungguh diajak untuk belajar dari Yesus yang setia pada kehendak Bapa-Nya. Pilih hidup yang lebih baik dan selaras dengan kehendak Allah.

Yesus kendati dicobai oleh iblis, tetap menunjukkan komitmen kesetiaan-Nya pada perutusan-Nya. Ia tidak goyah dengan bujuk rayu iblis, yang kelihatannya wajar dan penting, seolah-olah dapat dibenarkan, padahal itu menghancurkan. Kita semua tak luput dari cobaan dan godaan. Masa puasa ini mengundang kita untuk memiliki komitmen dan kesetiaan kita kepada Allah dalam kehidupan kita.

Tuhan Yesus, kobarkanlah semangat kami untuk senantiasa setia berbakti kepada-Mu. Amin.*

Simak juga video renungan harian katolik berikut:

Editor: Agustinus Sape
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved