Breaking News:

Renungan Harian Katolik

Renungan Harian Katolik, Kamis 11 Februari 2021: Karena Kata-katamu Itu, Pergilah Sekarang

Yesus melihat bahwa betapa besar iman perempuan itu. Di saat itu juga roh jahat yang merasuki anaknya sudah keluar.

Dok Pribadi
RD Ambros Ladjar 

Renungan Harian Katolik, Kamis 11 Februari 2021: Karena Kata-katamu Itu, Pergilah Sekarang. Setan Itu Sudah Keluar dari Anakmu (Markus 7: 24 - 30)

Oleh: RD. Ambros Ladjar

POS-KUPANG.COM - Seringkali informasi atas kedatangan tamu sudah duluan disebarluaskan. Dulu orang gunakan surat atau telegram yang membutuhkan waktu lama. Sekarang lewat media canggih yang punya dampak sosial. Sebab mendekatkan orang yang jauh, tapi juga menjauhkan mereka yang dekat. Tanpa butuh waktu yang lama. Bisa jadi kalau duluan disampaikan, maka orang dibuat sibuk dengan hal yang tak karuan. Kini dengan kemaju an teknologi, informasi pagi dengan cepat langsung menyebar.

Yesus datang di daerah kafir (Tirus) secara diam-diam. Biarpun demikian ada seorang ibu turunan Yunani bangsa Siro-Fenisia. Dia minta Yesus agar mengusir roh jahat yang merasuki anaknya. Lewat kiasan Yesus nyatakan bahwa kehadiran-Nya adalah untuk orang Yahudi.

Roti yang disiapkan buat anak-anak tak mungkin dilemparkan kepada anjing. Secara sambil lalu memang terasa kasar. Tapi perempuan itu jawab bahwa anjing-anjing juga kebagian dari remah-remah yang jatuh dari meja tuannya.

Yesus melihat bahwa betapa besar iman perempuan itu. Di saat itu juga roh jahat yang merasuki anaknya sudah keluar.

Pembicaraan Yesus yang terkesan kasar sesuai konteks Yahudi. Sebab orang non Yahudi tetap dianggap najis, maka mereka disamakan dengan anjing.

Yesus bukan menghina ibu turunan Yunani itu. Ia cuma ingatkan bahwa posisi mereka ada di luar lingkaran Yahudi. Di dalam soal keselamatan mereka tak masuk hitungan.

Nyatanya ibu itu tak mundur. Dia sadar akan kenyataan itu. Dengan jawaban yang menunjukkan sikap rendah hati, maka niatnya dikabulkan Yesus.

Sebenarnya kita diajak agar tetap bertahan dalam keseriusan doa. Banyak kali kita mudah menyerah. Jika kita bertahan, pada akhirnya Tuhan juga akan berbelas kasih dalam segala doa kita.

Hari ini adalah HARI ORANG SAKIT SEDUNIA (HOSS) ke-29 dengan tema: HANYA SATU GURUMU DAN KAMU SEMUA ADALAH SAUDARA (Matius 23,8).

Mari kita saling melayani sesuai profesi yang telah Tuhan berikan. Kita juga berdoa untuk semua orang sakit di mana pun. Paramedis yang berkecimpung dalam berbagai organisasi kesehatan dalam melayani pasien serta para pemerhati di bidang pastoral kesehatan. Semoga sehat dalam tugas & mereka yang telah berpulang diberikan Tuhan istirahat kekal dalam kebahagiaan abadi.

Selamat siang dan selamat bekerja. Jangan lupa berdoa buat para sahabat dan segenap keluarga semuanya. Jadilah pelayan kasih setia dan berlaku hormat Menerapkan Protokol Kesehatan di mana pun. Tuhan memberkati kita. Amin.*

Simak juga video renungan harian katolik berikut:

Editor: Agustinus Sape
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved