Breaking News:

Renungan Harian Katolik

Renungan Harian Katolik, Kamis 11 Februari 2021, Hari Orang Sakit Sedunia: Kasih Yesus Lintas Batas

Kisah Injil Markus hari ini menunjukkan perhatian dan kasih sayang Yesus yang bernuansa lintas batas.

Editor: Agustinus Sape
Dok Pribadi
RD Eman Kiik Mau 

Renungan Harian Katolik, Kamis 11 Februari 2021, Hari Orang Sakit Sedunia Ke-29: Kasih Yesus Lintas Batas (Markus 7:24-30)

Oleh: RD. Eman Kiik Mau

POS-KUPANG.COM - Kisah Injil Markus hari ini menunjukkan perhatian dan kasih sayang Yesus yang bernuansa lintas batas.

Tuhan mengabulkan permintaan tulus seorang ibu Siro-Fenisia yang anaknya kerasukan roh jahat. Ibu ini bukan keturunan bangsa terpilih, latar belakangnya seorang Yunani, namun kesaksian hidup di hadapan Tuhan memancarkan keharuman iman yang tajam lagi kuat. Ia pulang ke rumahnya sambil membawa damai dan sukacita sejati.

Apakah setiap perjumpaan kita dengan Yesus melalui doa-doa membuahkan penyembuhan, damai dan sukacita sejati?

Pada hari ini, Kamis, 11 Februari 2021, Gereja merayakan Hari Orang Sakit Sedunia yang ke-29. Perayaan Hari Orang Sakit Sedunia bertepatan dengan peringatan Penampakan Santa Perawan Maria di Lourdes Perancis kepada Bernadette Soubirous.

Hari ini menjadi sebuah kesempatan yang tepat untuk memberikan perhatian kepada mereka yang menderita sakit dan orang yang merawat mereka, baik di rumah sakit, komunitas atau pun di rumah mereka.

Tema yang diberikan oleh Bapa Suci Paus Fransiskus diambil dari Injil Matius 23:8, "Hanya satu Gurumu dan kamu semua adalah saudara."

Dalam pesannya, Bapa Suci Paus Fransiskus mengingatkan kepada kita semua, bahwa sebagai anak-anak dari satu Bapa, kita dipanggil untuk menghayati persaudaraan universal. Persaudaraan universal itulah yang diwariskan oleh Tuhan Yesus, Sang Guru kita satu-satunya kepada seluruh umat manusia.

Hari Orang Sakit Sedunia menjadi sebuah kesempatan khusus bagi kita, untuk berdoa, memberikan perhatian dan tanda kasih kita kepada saudara-saudari yang sakit, yang menderita. Secara khusus saat ini, di mana dunia mengalami situasi yang sangat sulit dengan adanya wabah virus corona. Ada banyak yang terpapar dan yang meninggal.

Sesuai dengan tema HOS yang ke-29 ini, marilah kita bergandengan tangan mempererat tali persaudaraan universal dengan memerhatikan saudara-saudari yang sakit, terpinggirkan dan telantar. Kita satukan niat-niat baik untuk membangun persaudaraan universal karena kita semua adalah saudara.

Tuhan Yesus, teguhkanlah tali kasih persaudaraan di antara kami satu sama lain. Santa Maria dari Lourdes, doakanlah kami. Amin.*

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved