Breaking News:

Camat Kota Waingapu Minta Warga Jaga Kebersihan Lingkungan

pihaknya telah meminta masyarakat di Kota Waingapu agar masing-masing menjaga kebersihan lingkungan.

Penulis: Oby Lewanmeru | Editor: Rosalina Woso
POS-KUPANG.COM/OBY LEWANMERU
Dionisius Randjamuda,S.H 

Camat Kota Waingapu Minta Warga Jaga Kebersihan Lingkungan 

POS-KUPANG.COM|WAINGAPU -- Camat Kota Waingapu, Kabupaten Sumba Timur, Dionisius Randjamuda, S.H meminta warga di wilayah itu agar menjaga kebersihan lingkungan. Kebersihan lingkungan hidup adalah salah satu kiat mencegah kasus Demam Berdarah Dengue (DBD).

Dionisius menyampaikan hal ini kepada POS-KUPANG.COM, Kamis (11/2/2021)

Menurut Dion, sapaan akrab Dionisius, semenjak tahun sebelum ada wabah Covid-19, pihaknya telah meminta masyarakat di Kota Waingapu agar masing-masing menjaga kebersihan lingkungan.

"Ini bagian dari upaya kita untuk mencegah kasus DBD, yakni dengan pemberantasan sarang nyamuk (PSN). Karena, saudara-saudara kita yang terkena DBD juga cukup banyak," kata Dion.

Dijelaskan,  untuk menerapkan kegiatan pembersihan lingkungan, Pemerintah Kecamatan Kota Waingapu juga ada program Jumat Bersih.

"Jauh sebelumnya ada wabah Covid-19 ini, setiap hari Jumat kita lakukan pembersihan lingkungan. Namun, ketika wabah Covid-19 mulai merebak, maka kegiatan ini sedikit terabaikan," katanya.

Karena itu, lanjut Dion,  dalam berbagai pertemuan dengan pihak desa dan kelurahan, dirinya selalu mengingatkan kepada para lurah dan kepala desa agar memperhatikan kebersihan di wilayah  masing-masing.

"Apalagi, di musim hujan seperti saat ini. Saya minta seluruh masyarakat di Kota Waingapu supaya perhatikan kondisi ini. Jangan sampai kita semua fokus pada Covid-19, tapi abaikan kasus DBD yang juga sangat berbahaya,"ujarnya.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sumba Timur, dr. Chrisnawan Try Haryantana mengatakan, sejak Bulan Januari 2021, di Sumba Timur sudah ada 14 kasus DBD.

"Selama bukan Januari ini, sudah ada 14 kasus DBD. Penyebarannya juga sudah sampai di beberapa kecamatan," kata Chrisnawan.

Chrisnawan merincikan, sebanyak 14 kasus ini tersebar di lima kecamatan, yakni di Kecamatan Kota Waingapu, Kambera, Kahaunga Eti, Lewa dan Kecamatan Umalulu. 

Pesan Bagi Pers Lembata : Temukan Masalah di Tengah Masyarakat

DPRD Kabupaten Sumba Timur Dukung Penegak Hukum Telusuri Informasi Jual Pulau

"Kita juga minta masyarakat agar berpartisipasi dalam pencegahan kasus DBD, yaitu dengan kegiatan PSN di lingkungan masing-masing," katanya.(Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Oby Lewanmeru)

Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved