Breaking News:

130 Penyintas Covid-19 di Kota Kupang Donorkan Plasma Darah

para penyintas tersebut dalam satu wadah yakni grup whatsapp untuk memudahkan keluarga pasien dalam pencarian pendonor plasma

Editor: Rosalina Woso
POS-KUPANG.COM/RYAN NONG
Wagub NTT, Josef Adrianus Nae Soi melakukan donor plasma konvalsen di Bank Darah RSUD Prof. WZ Johannes Kupang, Rabu (3/2) pagi.  

130 Penyintas Covid-19 di Kota Kupang Donorkan Plasma Darah

POS-KUPANG.COM|KUPANG-- Sebanyak 130 penyintas covid-19 di Kota Kupang, NTT, telah mendaftar untuk mendonorkan plasma konvalesen bagi pasien yang masih berjuang melawan penyakit di rumah sakit.

Koordinator Penyintas Covid-19 Kota Kupang, Edu Mandala mengatakan, ratusan penyintas sudah mendonorkan plasma konvalesen antara 2-5 kali.

"Ada beberapa orang masih menunggu hasil PCR baru bisa menjadi pendonor,” ujarnya kepada wartawan, Rabu (10/2/2021).

Edu berinisiatif mengumpulkan para penyintas tersebut dalam satu wadah yakni grup whatsapp untuk memudahkan keluarga pasien dalam pencarian pendonor plasma konvalesen.

“Saya memberikan semangat bagi para penyintas untuk ambil bagian dalam kegiatan donor plasma,” katanya.

Ia menjelaskan, pemberian plasma darah bagi pasien covid-19 yang masih dirawat bertujuan pasien tersebut memperoleh imunitas pasif dari pasien yang sudah sembuh tersebut.

Untuk menjadi pendonor, mereka harus lima tahap pemeriksaan yakni berat dan tinggi badan, evaluasi riwayat medis dan sosia, pemeriksaan fisik dasar, pemeriksaan swab nasofaring atau orofaring, serta pemeriksaan darah meliputi hemoglobin, golongan darah, antibodi covid-19, dan pemeriksaan penyakit infeksi menular lewat transfusi darah.

Kuasa Hukum Surati Kapolres Lembata Tersangka Kasus Watodiri Tak Kunjung Disidangkan

Setelah 12 Jam Jenazah Pasien Covid-19 di Kabupaten Ende Baru Dikuburkan

Adapun syarat menjadi pendonor plasma konvalesen ialah berusia 17-60 tahun, jenis kelamin laki-laki, jika jenis kelamin perempuan belum pernah hamil, hasil swab terakhir negatif covid-19, tidak ada keluhan 14 hari sebelum donor, berat badan kurang lebih 55 kilogram, tekanan darah sistol 100-160 mmHg, diastole 60-100 mmHg, serta nadi 50-100 kali per menit. (Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Amar Ola Keda)

Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved