Breaking News:

Satgas Yonarmed 3/105 Tarik Bantu Buku Bacaan di SMKN Pertanian Eban

 Rendahnya minat baca ini makin menyebabkan kualitas dan mutu pendidikan juga hanya jalan di tempat dan cenderung mundur. 

Penulis: Edy Hayong | Editor: Rosalina Woso
Dok. Satgas Yonarmed 3/105 Tarik.
Satgas Yonarmed 3/105 Tarik Bantu Buku Bacaan di SMKN Pertanian Eban, TTU, Rabu (10/2).  

Satgas Yonarmed 3/105 Tarik Bantu Buku Bacaan di SMKN Pertanian Eban

POS-KUPANG.COM I BETUN--Kebiasaan generasi muda Indonesia dalam membaca dan menulis saat ini masih terbilang sangat rendah.

 Rendahnya minat baca ini makin menyebabkan kualitas dan mutu pendidikan juga hanya jalan di tempat (stagnan) dan cenderung mundur. 

Penyebab rendahnya budaya baca ini karena mereka lebih suka menonton televisi (TV), mendengarkan radio dan bergelut pada dunia maya (internet dan media sosial) dibandingkan membaca buku.

Kebiasaan anak-anak dijaman sekarang, setidaknya seimbang dengan kebiasaan membaca buku. Ini agar mutu dan kualitas sumber daya manusia (SDM) Indonesia yang akan datang dapat semakin maju. 

Dalam rangka menumbuhkan dan meningkatkan kembali minat baca anak-anak tersebut, maka Satgas Yonarmed 3/105 Tarik terdorong untuk memberikan bantuan berupa buku-buku bacaan kepada para siswa SMKN Pertanian Eban yang bertempat di Desa Suanae, Kecamatan Miomaffo Barat, Kabupaten Timor Tengah Utara, Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Dijelaskan Dansatgas Yonarmed 3/105 Tarik Letkol Arm Laode Irwan Halim, S.I.P., M.Tr.(Han), Rabu (10/2) bahwa rendahnya ukuran minat baca siswa di perbatasan bukan semata karena malas membaca.

Tetapi juga disebabkan karena terbatasnya suplai buku bacaan yang bisa dibaca sebagai bahan referensi para siswa untuk menambah wawasan dan pengetahuannya.

Dikatakannya, persoalan rendahnya minat membaca para siswa dijaman sekarang, kebanyakan diarahkan pada kemalasan para siswa itu sendiri. 

Sebelum kita menyalahkan mereka, yang perlu kita pertanyakan adalah apakah sudah tersedia sarana buku bacaan yang cukup dan berkualitas yang bisa mereka dapatkan disana ? 

Halaman
12
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved