Breaking News:

Wagub NTT Josef Nae Soi: Tambah Tempat Tidur untuk Pasien Covid-19

Wagub NTT, Josef Nae Soi mengatakan, tambahan 100 Tempat tidur untuk pasien Covid-19 yang menjalani karantina terpusat di Kota Kupang

POS-KUPANG.COM/RYAN NONG
Wagub NTT Josef Nae Soi saat meninjau Laboratorium Biomolekuler Kesmas Provinsi NTT di RS Penyangga Undana Kupang, Sabtu (30/1). 

POS-KUPANG.COM - WAKIL Gubernur NTT ( Wagub NTT), Josef Nae Soi mengatakan, tambahan 100 Tempat tidur untuk pasien Covid-19 yang menjalani karantina terpusat di Kota Kupang sudah siap digunakan.

"Tambahan tempat tidur sudah siap digunakan, ini di RSJ Naimata sudah siap, di Undana juga sudah siap," kata Wagub Josef saat memantau memantau Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Naimata, Senin (8/2/2021).

Seratus tempat tidur ditempati di SRJ Naimata dan Rumah Sakit Penyangga Undana Kupang. Menurutnya, pemprov membantu Pemerintah Kota Kupang untuk mengatasi persoalan kekurangan tempat tidur.

Antisipasi Kelangkaan Robi Lukito Pesan 1.600 Tabung Oksigen

Wagub Josef mengatakan meski fasilitas tersebut sudah siap digunakan namun ia meminta agar pasien yang mampu secara ekonomi agar melakukan isolasi mandiri di rumah. "Bagi mereka yang tidak mampu dan kesulitan kamar dan sebagainya itu kita bisa tampung di lokasi isolasi terpusat ini," katanya.

Ia mengimbau masyarakat yang tertular Covid-19 dengan status sedang atau ringan agar melakukan isolasi mandiri dengan terus mengkonsumsi makanan yang mampu meningkatkan sistem imunitas tubuh.

MUI Imbau Umat Islam Patuhi Protokol Kesehatan

"Manfaatkan kekayaan alam kita yang luar biasa, kelor, bawang putih, kunyit dan sebagainya. Ada enam item yang bisa digunakan sesuai surat edaran dari kementerian disesuaikan dengan daerah masing-masing di seluruh Indonesia," imbau Wagub Josef.

Pada kesempatan itu, Wagub Josef juga kesal karena layanan jaminan kesehatan dari Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan belum ada di RSJ Naimata.

Wagub Josef langsung menelepon pihak Kantor BPJS Kesehatan Cabang Kupang saat mendapati pasien rumah sakit jiwa belum bisa menggunakan layanan jaminan kesehatan nasional.

"Kasih tahu dr Fauzi (Kepala BPJS Kesehatan Cabang Kupang), Hari Rabu BPJS Kesehatan untuk Rumah Sakit Jiwa Naimata ini sudah bisa keluar, sudah bisa dipakai BPJS-nya, tolong kasih tahu," katanya dalam percakapan telepon dengan petugas BPJS Kesehatan.

Wagub Josef menegaskan, jika layanan jaminan kesehatan tidak juga bisa digunakan oleh pasien RSJ Naimata maka Pemprov NTT akan berhenti menggunakan layanan BPJS Kesehatan.

"Kalau tidak saya stop. Seluruh NTT tidak mau bayarin kamu. Kami mau bikin sendiri aja, rumah sakit kami, dokter kami, kalian hanya managemen bagaimana kerja lambat seperti itu. Saya enggak mau tahu, Rabu kalau tidak ada kami setop," tandasnya dengan suara keras.

Setelah mengakhiri percakapan telepon itu, Wagub Josef menerima telepon dari Kepala BPJS Kesehatan Cabang Kupang Fauzi Lukman Nurdiansyah.

Ia kembali mempertanyakan kenapa layanan jaminan kesehatan nasional belum bisa digunakan di RSJ Naimata. "Dokter Fauzi, ini saya Wagub Pak, ini kenapa RSJ Naimata ini kenapa BPJS Kesehatan belum keluar," katanya.

"Begini, begini Pak, saya setiap hari itu dapat surat dari kalian untuk tagihan BPJS, jadi saya minta mulai hari Rabu sudah keluar. Kalau tidak saya perintahkan NTT keluar semua dari BPJS Kesehatan, yah hari Rabu yah," tambah Wagub Josef lalu mengakhiri percakapan telepon. (ant)

Editor: Kanis Jehola
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved