Breaking News:

Tahun 2020 Pemkab Sumba Timur Berhasil Tekan Angka DBD dengan PSN

Pemerintah Kabupaten ( Pemkab) Sumba Timur berhasil menekan kasus demam berdarah dengue ( DBD) hanya dengan melakukan PSN

Editor: Kanis Jehola
POS-KUPANG.COM/Oby Lewanmeru
dr. Chrisnawan Try Haryantana 

POS-KUPANG.COM | WAINGAPU -- Selama tahun 2020 lalu, Pemerintah Kabupaten ( Pemkab) Sumba Timur berhasil menekan kasus demam berdarah dengue ( DBD) hanya dengan melakukan pemberantasan sarang nyamuk ( PSN). Karena itu di tahun 2021 ini, masyarakat harus berpartisipasi lagi dalam melakukan PSN.

Hal ini disampaikan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sumba Timur, dr. Chrisnawan Try Haryantana, Senin (8/2/2021).

Menurut Chrisnawan, kasus DBD di Sumba Timur pada tahun 2019 lalu cukup tinggi, yakni 895 kasus dengan jumlah kasus kematian mencapai 18 kasus.

Membaca Fenomena Covid-19 di Kota Kupang

"Tahun 2020, kita mulai lakukan pencegahan dan salah atau cara yang kita lakukan adalah PSN. Adanya PSN ini kita berhasil menekan angka DBD dan juga tidak ada kematian," kata Chrisnawan.

Dijelaskan, dengan PSN secara masih, merata, berkesinambungan dan berkualitas,maka di tahun 2020 pihaknya berhasil menekan angka kasus DBD di Sumba Timur.

"Tahun 2020 kasi DBD turun drastis dan tidak ada kasus kematian. Saya sampaikan bahwa yang kami lakukan itu adalah PSN. Masyarakat dan semua elemen turut berpartisipasi dalam pencegahan DBD," katanya.

Waspadai DBD

Dikatakan, kesadaran masyarakat perlu terus didorong agar ikut bertanggung jawab mencegah kasus DBD.

Ditanyai selain PSN apakah ada metode lainnya dalam mencegah DBD, ia menegaskan, di tahun 2020 lalu, pencegahan yang dilakukan adalah PSN.

"Tahun lalu tidak ada fogging dan kami hanya PSN. Saya bukan anti fogging tapi secara prioritas kita harus lakukan PSN," ujarnya.

Untuk diketahui selama Bulan Januari 2021 terdapat 14 kasus DBD di Kabupaten Sumba Timur. Dari jumlah itu, tidak ada kasus meninggal dunia.

Ke-14 kasus ini tersebar di lima kecamatan, yakni di Kecamatan Kota Waingapu, Kambera, Kahaunga Eti, Lewa dan Kecamatan Umalulu. (Laporan Reporter POS- KUPANG.COM, Oby Lewanmeru)

Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved