Breaking News:

Kendaraan Listrik

Kabar Gembira, PLN Berikan Diskon untuk Pengisian Daya Kendaraan Listrik di Rumah

PT PLN (Persero) memberikan sejumlah insentif bagi pemilik kendaraan bermotor listrik berbasis baterai (KBLBB)

Armada GrabCar Elektrik Powered By Hyu
Ilustrasi - Armada GrabCar Elektrik Powered By Hyundai IONIQ EV di Bandara Internasional Soekarno Hatta. 

Kabar Gembira, PLN Berikan Diskon untuk Pengisian Daya Kendaraan Listrik di Rumah

POS-KUPANG.COM, JAKARTA - PT PLN (Persero) memberikan sejumlah insentif bagi pemilik kendaraan bermotor listrik berbasis baterai (KBLBB) sebagai upaya mempercepat era elektrifikasi di tanah air.

Salah satunya, berupa simulus dan infrastruktur pengisian kendaraan berteknologi terkait di rumah, di samping memastikan ketersediaan pasokan listrik yang cukup bagi masyarakat.

"PLN akan segera meluncurkan program layanan Home Charging serta Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) sebagai stimulus percepatan KBLBB di Indonesia," kata Direktur Mega Project PLN Ikhsan Asaad, Jumat (5/2/2021).

Pertamina resmikan SPKLU komersial pertamanya di Fatmawati
Pertamina resmikan SPKLU komersial pertamanya di Fatmawati (Pertamina)

Menurut dia, pelanggan Home Charging akan diberikan insentif seperti biaya penyambungan guna tambah daya. Tak hanya itu, pemilik mobil atau sepeda motor listrik juga akan diberikan diskon tarif listrik selama tujuh jam.

Rinciannya, pada pukul 22.00 WIB hingga 05.00 WIB sehingga pengguna selalu dalam keadaan tenang seiring kendaraan yang siap pakai.

Perlu dicatat, ini hanya berlaku untuk Home Charging yang terkoneksi dengan PLN. Sedangkan untuk pemilik instalasi SPKLU atau Stasiun Penukaran Baterai Kendaraan Listrik (SPBKLU), berdasarkan Peraturan Menteri ESM Nomor 13 Tahun 2020, juga akan ada parameter atau insentif khusus, yakni berupa :

- Penetapan Tarif Curah bagi Pemilik Instalasi Listrik Privat untuk Angkutan Umum, Badan Usaha SPKLU, dan Badan Usaha SPBKLU. 

- Penetapan faktor pengali sebesar 1,5 bagi pemilik KBL yang mengisi daya di SPKLU PLN.

- Pembebasan rekening minimum selama 2 (dua) tahun pertama sejak pendaftaran ID Pelanggan SPKLU atau SPBKLU pemegang IUPTL Penjualan, dan pemilik instalasi listrik privat.

Halaman
12
Editor: Agustinus Sape
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved