Breaking News:

Berita Sumba Timur Terkini

Transnaker Kabupaten Sumba Timur Fokus Pembenahan SDM  dan Perlindungan Tenaga Kerja,Ini Tujuannya

Dinas Transmigrasi dan Tenaga Kerja (Transnaker) Kabupaten Sumba Timur di tahun 2021 ini fokus pada dua program kegiatan, yaitu pembendahan sum

Penulis: Oby Lewanmeru | Editor: Ferry Ndoen
POS-KUPANG.COM/Oby Lewanmeru
Plt. Kadis Transnaker Kabupaten Sumba Timur Nico Pandarangga,S.TP, M.M 

 Transnaker Sumba Timur Fokus Pembenahan SDM  dan Perlindungan Naker

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Oby Lewanmeru

POS -KUPANG.COM/WAINGAPU -- Dinas Transmigrasi dan Tenaga Kerja (Transnaker) Kabupaten Sumba Timur di tahun 2021 ini fokus pada dua program kegiatan, yaitu pembendahan sumber daya manusia (SDM) dan program perlindungan terhadap tenaga kerja (naker).

Hal ini disampaikan Kepala Dinas Transnaker Kabupaten Sumba Timur, Nico Pandarangga, S.TP, M.M , Kamis (4/2/2021).
Menurut Nico, di tahun 2021 ini ada dua program yang menjadi perhatian Dinas Transnaker, yakni pembendahan SDM dan juga soal perlindungan naker.

"Tahun ini kami tentu fokus pada program Pembenahan SDM dan juga program perlindungan terhadap naker.  Dua hal itu penting di dalam dunia tenaga kerja saat ini," kata Nico.

Dijelaskan, pembenahan SDM sangat penting, karena berkaitan dengan peningkatan kapasitas SDM naker. Upaya ini ditempuh melalui pelatihan-pelatihan.

"Untuk pembenahan SDM naker,  kita jajaki dan jalin kerjasama dengan komunitas yang ada untuk melakukan pelatihan-pelatihan," katanya.

Dikatakan, komunitas yang dijalin untuk kerjasama dalam rangka  pembinaan SDM naker, yakni di Yayasan Al Abror Waingapu dan di Paroki Maria Bunda Selalu Menolong Kambajawa.

Sedangkan untuk perlindungan terhadap naker, pihaknya bekerjasama dengan BPJS Ketenagakerjaan / BPJamsostek di Sumba Timur.
"Program perlindungan tenaga kerja ini, pertama kita menjamin bahwa semua naker harus masuk atau sebagai peserta BPJamsostek. Hal yang sama bagi buruh-buruh lepas dan juga pekerja di toko," katanya.

INGAT RANO Karno ? Mantan Gubernur dan Artis Tenar Masa Jadul,Saat ini Hidup Tanpa Empedu, KONDISI

Dia mencontohkan, ada tenaga honorer di  Sekretariat KPU Sumba Timur yang meninggal dunia dan mendapat santunan sebesar Rp 42 juta dengan masa mengikuti Jamsostek belum satu tahun.

"Kami minta kalau bisa semua buruh pada proyek itu dimasukkan sebagai peserta BPJamsostek. Paling tidak para tenaga kerja mendapat perlindungan berupa jaminan kecelakaan kerja dan jaminan kematian," ujarnya.

Plt. Kepala Dinas Transnaker Sumba Timur, Nico Pandarangga, S.TP, M.M
Plt. Kepala Dinas Transnaker Sumba Timur, Nico Pandarangga, S.TP, M.M (POS-KUPANG.COM/OBY LEWANMERU)

Kepala Dinas Transmigrasi dan Tenaga Kerja (Transnaker) Kabupaten Sumba Timur

Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved