Breaking News:

TNI  Hijaukan Area Perbatasan RI-RDTL dengan Menanam Bunga Tabebuya dan Anakan Pinang

Selain memberikan kesan segar dan memperindah pemandangan di tempat-tempat umum,  juga memberi manfaat bagi lingkungan. 

Penulis: Edy Hayong
Editor: Rosalina Woso
Dok. Satgas Yonarmed 3/105 Tarik.
Jajaran TNI khususnya Satgas Yonarmed 3/105 Tarik di Sektor Barat bersama warga menanam bibit tanaman di kawasan perbatasan RI-RDTL. 

TNI  Hijaukan Area Perbatasan RI-RDTL dengan Menanam Bunga Tabebuya dan Anakan Pinang

POS-KUPANG.COM I BETUN--Penghijauan merupakan salah satu bentuk peran manusia dalam menjaga kelestarian alam dan lingkungan.

Selain memberikan kesan segar dan memperindah pemandangan di tempat-tempat umum,  juga memberi manfaat bagi lingkungan. 

Untuk itu TNI khususnya Satgas Yonarmed 3/105 Tarik  memperindah kawasan perbatasan RI-RDTL dengan menanam bibit bunga Tabebuya dan anakan Pinang.

Dansatgas Yonarmed 3/105 Tarik, Letkol Arm Laode Irwan Halim, S.I.P., M.Tr. (Han) kepada Pos-Kupang, Senin (1/2/2021) mengatakan, tanaman yang ditanam akan mengatasi polusi yang banyak dihasilkan di jalan raya dan memberikan suplai oksigen yang dibutuhkan manusia.

Dijelaskannya bahwa dalam rangka mendukung program Pemerintah Desa Humusu Wini, Satgas Yonarmed 3/105 Tarik turut ambil bagian.

Jajarannya  melakukan penanaman tanaman hias bibit Bunga Tabebuya dan bibit Pohon Pinang sebanyak 750 bibit di sepanjang jalan nasional Desa Humusu Wini menuju ke PLBN Wini di Kecamatan Insana Utara, Kabupaten Timor Tengah Utara, Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Dikatakan Dansatgas  bahwa selain memberikan manfaat bagi kesehatan dan juga manfaat bagi makhluk hidup lainnya, kegiatan penghijauan juga dapat mengubah pemandangan di sepanjang jalan menjadi lebih indah, segar dan asri.

"Dalam kegiatan ini Satgas tidak bekerja sendiri, tapi kami bekerja sama dengan Koramil 1618/3 Insana Utara, perangkat desa dan sejumlah masyarakat Desa Humusu Wini yang ikut meramaikan kegiatan tersebut. Sebab mereka menyadari akan pentingnya melestarikan lingkungan," ujarnya.

Ditambahkannya, penanaman tanaman hias dan ratusan bibit pohon di sepanjang jalan sampai ke PLBN Wini ini berangkat dari kondisi jalan yang minim pepohonan sehingga memberikan kesan gersang dan panas.

 Maka diharapkan hasil kegiatan penghijauan ini dapat membuat lingkungan menjadi lebih asri, mengurangi polusi dan memperindah lingkungan serta mampu meneduhkan jalan sehingga dapat membuat para pengguna jalan merasa lebih nyaman ketika cuaca panas.

Sementara itu, Alfridus Bana (45) kepala Desa Humusu Wini menilai bahwa kegiatan tersebut sangat berpengaruh terhadap lingkungan Desa Humusu Wini nantinya.

Pasalnya,  dengan adanya penghijauan tersebut diharapkan dapat mengurangi polusi udara dan membuat lingkungan semakin rindang.

 "Terima kasih Pak, kami sangat terbantu dengan adanya kehadiran TNI pada kegiatan ini. Karena selama ini kalau ada TNI yang ikut meramaikan pasti masyarakat lebih antusias dan semangat", ungkapnya.(Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Edy Hayong)

Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved