Breaking News:

Tais Marobo, Busana Adat Malaka Pesona Muda Mudi Malaka

Tais Marobo berasal dari Kabupaten Malaka. Warna merahnya cukup mencolok, seperti kain tenun sumba, Tais Marobo memiliki ciri khas tersendiri

Penulis: Michaella Uzurasi | Editor: Kanis Jehola
Tais Marobo, Busana Adat Malaka Pesona Muda Mudi Malaka
ISTIMEWA/POS-KUPANG.COM
Josua Nunes dan Jeniyanti Amaral dalam balutan pakaian adat Malaka

Tais Marobo yang berasal dari Kabupaten Malaka. Warna merahnya cukup mencolok, seperti kain tenun sumba, namun Tais Marobo memiliki ciri khas tersendiri

POS-KUPANG.COM - Provinsi Nusa Tenggara Timur ( NTT) yang merupakan provinsi kepulauan menyimpan kekayaan budaya yang cukup banyak. 

Masing - masing daerah dengan kekhasannya meskipun berada pada satu pulau. Salah satunya adalah kekayaan budaya tenun ikat di Pulau Timor. Lima (5) Kabupaten dan 1 Kota yang ada di Pulau Timor, masing - masing memiliki ciri khas pada kain tenunnya.

Baca juga: SMP dari Kabupaten Flotim Dominasi Juara Lomba Perayaan 10 Tahun SMATER Lewoleba

Contohnya adalah Tais Marobo yang berasal dari Kabupaten Malaka. Warna merahnya cukup mencolok, seperti kain tenun sumba, namun Tais Marobo memiliki ciri khas tersendiri.

Warna dasar merah menyala dipadukan dengan warna hitam dan kuning emas pada motif - motifnya memberikan kesan elegan dan mencolok.

Baca juga: Surat Keterangan Diagnosa COVID-19 Tidak Ada, Keluarga Ambil Paksa Jenazah di RSUD Lewoleba

Tais yang biasa digunakan kaum perempuan biasanya disebut Tais Feto, bermotifkan Lafaek (Buaya) sementara untuk lelaki disebut Tais Mane, motif kainnya adalah Burung Cenderawasih.

Moi, salah satu perajin tenun Tais Marobo selalu membuat kainnya sangat detail dan rapi sehingga harga yang dipatoknya berkisar satu juta rupiah.

"Buatnya dari benang kayu," ujarnya.

Tais Marobo di Kabupaten Malaka, dikenakan saat acara - acara tertentu seperti acara lamaran, penyambutan pejabat atau tokoh - tokoh penting yang ada di masyarakat.

Tais Marobo akan dipadukan dengan perhiasan adat seperti Bolas Kmurak atau Ikat Pinggang Perak, Hetire atau perhiasan kepala perempuan, Uluhetin atau destar yang menghiasi kepala lelaki.

Halaman
12
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved