Breaking News:

Pastikan Ketersediaan Oksigen, Wagub Josef Adrianus Nae Soi Pantau Tiga Rumah Sakit di Kota Kupang

guna memastikan ketersediaan oksigen dan penanganan pasien Covid-19 di rumah sakit rumah sakit tersebut. 

Penulis: Ryan Nong | Editor: Rosalina Woso
POS-KUPANG.COM/RYAN NON
Wagub NTT, Josef Adrianus Nae Soi saat meninjau RSUD Prof WZ Johannes Kupang, Sabtu (30/1) siang. 

Pastikan Ketersediaan Oksigen, Wagub Josef Adrianus Nae Soi Pantau Tiga Rumah Sakit di Kota Kupang

POS-KUPANG.COM | KUPANG -- Wakil Gubernur (Wagub) NTT, Josef Adrianus Nae Soi kembali melakukan pemantauan ke rumah sakit di Kota Kupang, ibukota Provinsi NTT pada Sabtu (30/1). Pelaksanaan pemantauan ini dilakukan guna memastikan ketersediaan oksigen dan penanganan pasien Covid-19 di rumah sakit rumah sakit tersebut. 

Wagub Nae Soi yang didampingi Sekretaris Dinas Kesehatan Provinsi NTT, David A. Mandala dan Ketua Tim Tracing, Screening dan Isolasi Pemprov NTT, drg. Domi Minggu Mere serta rombongan itu melakukan pemantauan sejak pukul 10.30 Wita. 

Pemantauan pertama dilaksanakan di RSUD Prof. WZ. Johannes Kupang, kemudian ke RS Pratama Undana dan selanjutnya RS Carolus Borromeus Belo.

Kepada POS-KUPANG.COM usai pemantauan di RS Carolus Borromeus Belo, Wagub Nae Soi mengaku telah melihat sendiri kondisi penanganan pasien Covid-19 di rumah sakit - rumah sakit tersebut. Ia mengungkapkan, terkait keluhan kekurangan pasokan oksigen untuk rumah sakit, tidak terjadi di RSUD Prof WZ Johannes Kupang. Di rumah sakit milik Pemprov NTT itu, tidak terjadi kekurangan oksigen

"Sesuai dengan janji saya hari Kamis, saya akan meninjau oksigen yang dikatakan selama ini kurang. Hasil pantauan, padahal di RS Yohanes itu tidak ada kekurangan oksigen," kata Wagub Nae Soi. 

RSUD Prof WZ Johannes saat ini belum memiliki ruangan tekanan udara meski alat untuk ruangan tersebut telah tersedia. Karena itu, Wagub Nae Soi memerintahkan untuk menyelesaikan pengerjaan ruangan tersebut agar segera dapat digunakan. 

Mantan anggota DPR RI tiga periode itu juga menyebut tidak ada kekurangan oksigen di RS SK Lerik Kota Kupang yang telah ia tinjau pada Kamis, 28 Januari 2021 kemarin. Namun demikian, untuk memenuhi kebutuhan oksigen di rumah sakit lainnya yang telah dipesan oleh walikota Kupang dari Surabaya Jawa Timur, Wagub Nae Soi mengaku telah berkoordinasi dengan maskapai agar dapat mempercepat proses pengangkutannya.

Wagub NTT, Josef Adrianus Nae Soi berbincang bersama pengelola RS Carolus Borromeus usai memantau penanganan pasien Covid-19 di rumah sakit itu, Sabtu (30/1) siang.
Wagub NTT, Josef Adrianus Nae Soi berbincang bersama pengelola RS Carolus Borromeus usai memantau penanganan pasien Covid-19 di rumah sakit itu, Sabtu (30/1) siang. (POS-KUPANG.COM/RYAN NON)

"Di rumah sakit SK Lerik, mereka tidak ada kekuranagan. Saya koordinasi dengan Pak Wali, kordinasi dengan pesawat, agar (oksigen) yang dipesan oleh walikota itu segera diangkut," kata Wagub Nae Soi. 

Selain mempercepat pengiriman tabung, Wagub Nae Soi juga mengaku telah menyerahkan sebanyak 1.000 buah Hidro Oxy Spray ke rumah sakit-rumah sakit yang ada di Kota Kupang melalui Wali Kota Jefri Riwu Kore. Hidro Oxy Spray, kata Wagub Nae Soi, digunakan untuk pasien yang mengalami gangguan pernafasan ringan dan sedang. 

Halaman
12
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved