Breaking News:

Personil Satgas Bantu Petani Perbatasan Cabut Bibit Padi

Personel Pos Delomil Satgas Pamtas RI-RDTL Yonif 744/SYB membantu petani mencabut Bibit padi dari tempat persemaian untuk siap ditanam

Penulis: Teni Jenahas | Editor: Kanis Jehola
POS-KUPANG.COM/TENI JENAHAS
Personel Pos Delomil Satgas Pamtas RI-RDTL Yonif 744/SYB membantu petani mencabut bibit padi dari tempat persemaian untuk siap ditanam, Rabu (20/1/2021). 

POS-KUPANG.COM | ATAMBUA - Personel Pos Delomil Satgas Pamtas RI-RDTL Yonif 744/SYB membantu petani mencabut Bibit padi dari tempat persemaian untuk siap ditanam.

Dua personel Pos Delomil, Pratu Agusto Sila dan Pratu James Pering membantu pemilik sawah Marianus Asa, warga Dusun Dilagusun, Desa Lamaksenulu, Kecamatan Lamaknen, Kabupaten Belu, Rabu (20/1/2021).

Dansatgas Pamtas Yonif RK 744/SYB, Letkol (Inf) Alfat Denny Andrian kepada wartawan di Atambua mengatakan, para petani di wilayah perbatasan mulai menanam padi sawah pasca curah hujan di wilayah itu mulai stabil.

Baca juga: Bupati Sikka Hidupkan Kembali SPBU Nelayan di TPI Yang Mati

Menjalani usaha sawa memang bukan hal mudah. Banyak tahapan pekerjaan yang harus dilewati salah satunya mencabut bibit padi dari tempat persemaian lalu ditempatkan di petak-petak sawah untuk siap ditanam. Dalam melakukan pekerjaan ini, tentu pemiliki sawah sangat membutuhkan tenaga.

Hal ini yang mendorong personel Satgas Pamtas Pos Delomil berinisiatif untuk membantu pemilik sawah. Dua personel Pos Delomil ikut ke sawah lalu mencabut bibit padi bersama-sama dengan pemilik sawah.

Baca juga: Mafia Agraria di Labuan Bajo

Menurut Dansatgas, bantuan tenaga yang diberikan personel Satgas Pamtas ini merupakan wujud kepedulian terhadap petani sawah yang sementara mengolah sawahnya.

"Semoga kehadiran anggota saya bisa membantu pemilik sawah dalam meringankan sedikit pekerjaannya", ungkap Dansatgas..

Lanjut Dansatgas, personel yang ditugaskan membantu setiap kegiatan masyarakat, baik di bidang pertanian, kesehatan, pendidikan maupun pemberdayaan ekonomi adalah anggota yang memiliki pengetahuan dan ketrampilan di bidang tersebut. Hal ini penting agar kehadiran personel di lapangan benar-benar membantu masyarakat karena ia tahu melakukannya.

Selain itu, kehadiran TNI juga sebagai bentuk motivasi kepada petani agar serius dan tekun mengolah sawahnya sehinggga hasilnya nanti bisa memuaskan petani sendiri. Kemudian, TNI juga diberikan tugas tambahan oleh negara untuk mendukung program swasembada pangan nasional.

Danpos Delomil, Letda (Inf) Iksan menambahkan, wilayah binaan Pos Delomil sebagian besar berprofesi petani, baik petani sawah maupun petani lahan kering. Di musim hujan seperti saat ini, petani lebih banyak beraktivitas di kebun. Di sela-sela menjalani tugas pokok, TNI tetap meluangkan waktu untuk membantu masyarakat setempat. Bantuan bukam hanya fokus pertanian tetapi di semua bidang.

Ketua Kelompok Tani yang juga pemilik sawah, Marianus Asa menyampaikan terima kasih kepada personel Satgas Pamtas yang telah membantunya. (Laporan Reporter POS- KUPANG.COM, Teni Jenahas)

Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved