Breaking News:

Berita Kota Kupang Terkini

Tingginya Kasus Covid di Kota Kupang, Pemerintah Pantau 636 OTG, Simak Penjelasan Wakil Walikota

Kemarin saya sudah mencoba untuk memobilisasi di ruangan puskesmas-puskesmas tidak bisa. Jadi siasatnya ruangan isolasi ditambah dengan mengurangi rua

Pos Kpg.Com/Yen 
JUMPA PERS -- Wakil Wali Kota Kupang, Herma Man didampingi para asisten dan Kabag Prokompim Kota ketika menggelar Jumpa Pers di Kantor Wali Kota Kupang, Kamis (14/1). 

POS-KUPANG.COM | KUPANG -- Tingginya kasus covid-19, maka Pemerintah Kota mulai berlakukan berbagai langkah dan pembatasan-pembatasan.

Wakil Wali Kota Kupang, Herman Man, ketika menggelar Jumpa Pers di Ruang Garuda Kantor Wali Kota Kupang, Kamis (14/1), menyampaikan langkah pertama yang diambil dibagian kesehatan yaitu melaksanakan tim monitoring isolasi mandiri di 12 puskesmas dibawah koordinasi Dinas Kesehatan kota Kupang. Jadi ada 636 Orang Tanpa Gejala yang dalam pantauan 12 puskesmas di kota Kupang. 

Ia menjelaskan semua Puskesmas dibentuk tim monitoring mandiri denga  dokter dan tiga atau empat perawat. Mereka bertugas untuk melakukan maping atau pemetaan pada seluruh OTG yang diisolasi mandiri, dengan kriteria suhu dibawah 37,9 derajat celcius, tidak pilek, tidak sesak napas, tidak ada gangguan indera perciuman begitu juga pernapasan. Mereka akan dipantau dalam kondisi isolasi dan  begitu juga kondisi pasien, kemudian memerhatikan gizi, kontak dan kebersihan. 

"Mereka juga dilarang ke luar rumah, bila terpaksa harus menerima tamu karena tugasnya maka harus tetap memakai masker dan menjaga jarak. Saya berharap hari ini sudah mulai dan kita akanpantau. Kalau gejalanya berubah ke covid ruangan, maka terpaksa kita isolasi di rumah sakit," tuturnya.

Namun diakuinya, isolasi mandiri di rumah sakit pu dilakukan secara bertahap. Karena daya tampung di rumah sakit sudah penuh. 
Dikatakannya, kapasitas untuk rumah sakit 92 tempat tidur. Tapi sesuai instruksi menteri kesehatan dinaikkan 30 sampai 40 persen. Jadi ada penambahan-penambahan.

"Kemarin saya sudah mencoba untuk memobilisasi di ruangan puskesmas-puskesmas tidak bisa. Jadi siasatnya ruangan isolasi ditambah dengan mengurangi ruangan umum. Lalu ada 20 tempat tidur untuk puskesmas baru penambahan di Alak untuk isolasi mandiri.

Misinya adalah 636 OTG tidak bertambah berat atau tetap stabil," terangnya. (Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Yeni Rachmawati)

JUMPA PERS -- Wakil Wali Kota Kupang, Herma Man didampingi para asisten dan Kabag Prokompim Kota ketika menggelar Jumpa Pers di Kantor Wali Kota Kupang, Kamis (14/1).
JUMPA PERS -- Wakil Wali Kota Kupang, Herma Man didampingi para asisten dan Kabag Prokompim Kota ketika menggelar Jumpa Pers di Kantor Wali Kota Kupang, Kamis (14/1). (Pos Kpg.Com/Yen )
Penulis: Yeni Rachmawati
Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved