Breaking News:

Berita Kota Kupang Terkini

Pentas Seni Masih Minim, Pemkot Kupang Akan Siapkan Panggung

panggung pementasan seni, budaya serta tarian-tarian wajib disediakan pemerintah. Di tengah aktivitas

Pentas Seni Masih Minim, Pemkot Kupang Akan Siapkan Panggung
PK/Yen
Wali Kota Kupang Jefri Riwu Kore

POS-KUPANG.COM | KUPANG -- Pemerintah Kota Kupang berkomitmen untuk mwnghadirkan panggung pertunjukkan seni. Karena selama ini, belun dipersiapkan ruang atau panggung untuk bisa mementqskan karya-karya para pegiat seni. Padahal karya seni memegang peranan penting dalam membangun kemajuan kota. 

Dengan hadirnya Ikatan Kelompok Musik Country di Kupang, tentunya disambut baik Walikota Kupang, Jefri Riwu Kore. Karena  mengingat perkumpulan musik masih terbilang minim di Kota Kupang, ditambah lagi dengan ketiadaan panggung yang mendukung tumbuh kembangnya geliat para pemusik ini. Sehingga kehadiran kelompok musik ini sangat penting.

Kata Jefri, di Kota Kupang, pementasan-pementasan seni masih sangat minim. Maka kehadiran kelompoj musik ini bisa memacu para pegiat seni, untuk berekreasi maupun menghimpun diri dalam satu wadah agar memperkaya budaya NTT pada umumnya, dan Kota Kupang khususnya. 

Ia menegaskan panggung pementasan seni, budaya serta tarian-tarian wajib disediakan pemerintah. Di tengah aktivitas masyarakat kota yang padat, ruang-ruang pementasan dan hiburan harus disediakan bagi masyarakat.

Ia merincikan pemerintah Kota saat ini, tengah fokus membangun ruang terbuka dan taman-taman. Selain sebagai tempat rekreasi, sekaligus sebagai pementasan seni dan budaya, baik nyanyian, tarian dan seni lainnya.

Dikatakannya salah satu tempat yang sedang disediakan saat ini, selain sejumlah taman yang sudah dibangun, juga disediakan kawasan di Kelurahan LLBK. Di kawasan pantai Tedis itu, akan dibangun Bouleverd. Pada malam minggu seluruh kawasan itu diperuntukan sepenuhnya untuk kegaitan masyarakat, termasuk pementasan seni. Semua jalur angkutan umum maupun pribadi dialihkan dan tidak boleh melintas di kawasan itu.

"Kami pemerintah telah berpikir untuk hal ini, selain membangun dan memenuhi kebutuhan dasar rakyat, perlu juga dipersiapkan ruang terbuka atau taman untuk berekreasi dan refreshing. Masyarakat kota yang tenggelam dalam rutinitas kesehariannya. Tentu butuh tempat-tempat hiburan, melepas lelah dan berefreshing," tuturnya.

Ia berharap, kehadiran musik country di kota Kupang menjadi bagian dari perwujudan spirit kota Kupang dalam menata peradaban masyarakat dan segala pembangunan di Kota Kupang. Pemerintah, kata Jefri, akan membuka peluang untuk bekerja sama dengan IKMC untuk bersama-sama membangun  kota sesuai tugas dan tanggung jawab masing-masing.

Ketua Umum IKMC, Maria Katarina Sedo mengatakan, fomus IKMC kedepan adalah untuk meningkatkan dan mengembangkan seni musik country, baik musik country moderen maupun daerah.

"Disini lagu-lagu daerah, yang bukan gendre country akan kami aransemen ke dalam kemasan country. Ada beberapa lagu daerah yang sudah diaransemen ke dalam kemasan counrty, antara lain, Flobamora, Bae Sonde Bae dan Tanjung Kurun.

Didalam kengurusan IKMC, lanjutnya, hal yang penting juga menjadi fokus organisasi adalah mencari dan mengembangkan bakat-bakat muda. IKMC sendiri telah memiliki home band dan perangkat sound. (Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Yeni Rachmawati).

 
 

 
 

Wali Kota Kupang Jefri Riwu Kore
Wali Kota Kupang Jefri Riwu Kore (PK/Yen)

 
 

Penulis: Yeni Rachmawati
Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved