Menteri Kesehatan Baru Budi Gunadi Sadikin Diharapkan Pimpin Program Vaksinasi Covid-19

Menteri kesehatan yang baru, Budi Gunadi Sadikin, diharapkan untuk memimpin program vaksinasi Covid-19.

Editor: Agustinus Sape
ANTARA FOTO/PUSPA PERWITASARI
Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin (tersenyum) 

Menkes Baru Budi Gunadi Sadikin Diharapkan Pimpin Program Vaksinasi Covid-19 Meski Tak Berlatar Belakang Kesehatan

POS-KUPANG.COM, JAKARTA - Menteri kesehatan yang baru, Budi Gunadi Sadikin, diharapkan untuk memimpin program vaksinasi Covid-19. Namun sebagian ahli kesehatan meragukannya karena ia tidak memiliki latar belakang kesehatan.

Budi Gunadi Sadikin dilantik sebagai menteri kesehatan pada Rabu (23/12) pagi, sebagai bagian dari perombakan (reshuffle) kabinet dalam pemerintahan Presiden Joko Widodo jilid dua.

Ia menggantikan Terawan Agus Putranto, yang banyak dikritik karena dianggap absen selama pandemi Covid-19.

Laki-laki berusia 56 tahun itu sebelumnya menjabat wakil menteri BUMN dan ketua Satgas Pemulihan Ekonomi Covid-19, yang salah satu tugasnya adalah mencari kandidat vaksin untuk Indonesia.

Di luar pemerintahan, ia pernah menjadi direktur utama di bank Mandiri dan PT Indonesia Asahan Alumunium (Persero).

Dalam keterangan pertamanya kepada pers sejak ditunjuk sebagai menteri kesehatan, Budi berbicara tentang membangun sistem layanan kesehatan publik yang kuat untuk mengatasi pandemi virus corona.

"Saya percaya kalau kita bersatu, bersama-sama dengan asosiasi, dengan pemerintah daerah, dengan seluruh komponen bangsa yang ada, kita bisa membangun sistem layanan kesehatan publik yang kuat dan siap mengatasi masalah SARS CoV-2 ini.

"Dan kita juga bisa mempersiapkan sistem layanan kesehatan publik yang siap, kuat, mumpuni agar generasi sesudah kita bisa menghadapi SARS CoV-3 atau SARS CoV-4 yang kita tidak tahu kapan datangnya," kata Budi di beranda Istana Merdeka, Jakarta, Selasa kemarin.

Menkes baru, Budi Gunadi Sadikin, disebut memiliki visi dan strategi untuk melaksanakan program vaksinasi masif Covid-19 tahun depan.
Menkes baru, Budi Gunadi Sadikin, disebut memiliki visi dan strategi untuk melaksanakan program vaksinasi masif Covid-19 tahun depan. (NYOMAN HENDRA WIBOWO/ANTARAFOTO)

Penunjukan Budi sebagai menteri kesehatan di masa pandemi dianggap unik karena ia tidak berlatar belakang kesehatan. Budi adalah alumnus Institut Teknologi Bandung (ITB) jurusan Fisika Nuklir.

Ia memulai karier di perusahaan komputer IBM, sebelum terjun ke dunia perbankan.

'The right man at the right time'

Epidemiolog dari Universitas Indonesia Pandu Riono mengatakan Budi Gunadi Sadikin sangat peduli pada upaya menyelesaikan pandemi Covid-19 sejak ditunjuk menjadi ketua Satgas Pemulihan Ekonomi.

Pandu, yang mengaku pernah diajak diskusi oleh Budi, memandang menkes baru ini sebagai sosok yang memiliki visi dan strategi untuk menjalankan program vaksinasi masif di Indonesia.

Halaman
123
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved