Breaking News:

Timor Leste

Mengaku Penjaga Perdamaian, Borok Pegawai PBB di Timor Leste Dibongkar Media Australia

Bahkan banyak staf PBB yang ditugaskan di Timor Leste, namun siapa sangka meski berstatus sebagai penjaga perdamaian, mereka lakukan penyimpangan

intisari.grid.id
Ilustrasi Timor Leste 

Mengaku Penjaga Perdamaian, Borok Pegawai PBB di Timor Leste Dibongkar Media Australia

POS-KUPANG.COM - Tahun 2002 Timor Leste berhasil merdeka dari Indonesia berkat bantuan PBB, melalui referendum.

Sejak lepas dari Indonesia, setidaknya PBB terus membantu negara kecil itu dalam menata birokrasinya dan memberikan bantuan politik.

Bahkan banyak staf PBB yang ditugaskan di Timor Leste, namun siapa sangka meski berstatus sebagai penjaga perdamaian, mereka terungkap lakukan penyimpangan.

Tahun 2007 media Australia The Age, melaporkan bagaimana staf PBB terang-terangan kerap menggunakan "perempuan malam" di Timor Leste,

Polisi dan staf sipil UNITED Nations secara terbuka melanggar, apa yang dijanjikan PBB sebagai kebijakan tanpa toleransi terhadap pelecehan terhadap perempuan.

Para ekspatriat di Dili mengatakan, belasan rumah perempuan menunggu para lelaki dibuka di Timor Leste pada saat itu, tiap malam selalu terlihat kendaraan PBB diparkir di luar rumah-rumah tersebut .

Sebelum senja, perempuan malan yang masih remaja di Timor Leste berkumpul di seberang hotel di Dili, dan kendaraan PBB selalu menjemput mereka.

"Menjijikkan, orang-orang yang seharusnya datang ke sini untuk membantu Timor Leste malah melecehkan gadis-gadis malang ini," kata seorang mekanik Australia yang minum di bar hotel, yang melihat pemandangan itu setiap malam.

Salah satu rumah tersebut mempekerjakan selusin perempuan malam etnis-Cina, kata ekspatriat.

Halaman
123
Editor: Agustinus Sape
Sumber: Grid.ID
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved