Breaking News:

KPUD TTU Lakukan Pengepakan Surat Suara

Komisi Pemilihan Umum Daerah ( KPUD) Kabupaten TTU mulai melakukan pengepakan surat suara. Proses pengepakan surat suara

POS-KUPANG.COM/TOMMY MBENU NULANGI
Petugas KPUD TTU lakukan pengepakan surat suara di Gedung Alesyia, Kamis (3/12/2020). 

POS-KUPANG.COM | KEFAMENANU-Komisi Pemilihan Umum Daerah ( KPUD) Kabupaten TTU mulai melakukan pengepakan surat suara. Proses pengepakan surat suara tersebut dilakukan di Gedung Alesyia, Kefamenanu, Kamis (3/12/2020).

Ketua KPUD Kabupaten TTU, Paulinus Lape Feka mengatakan, untuk membantu pengepakan surat suara tersebut melibatkan ketua PPK. Hal itu dilakukan karena para ketua PPK yang mengetahui betul terkait dengan kondisi wilayahnya masing-masing.

"Kita libatkan mereka untuk memastikan bahwa surat suara yang dipacking hari ini betul-betul tepat jenis dan tepat jumlah," ujarnya.

Baca juga: TNI/PolrI Siaga Jelang Milad GAM Hari Ini PASANG Taktik Antisipasi Bendera Bintang Bulan Berkibar  

Paulinus mengatakan, karena beberapa formulir belum tiba di Kefamenanu, pihaknya melakukan proses penyortiran ulang sebelum dipacking dan dimasukan ke dalam sampul dan dimasukan kedalam kotak. Setelah formulirnya lengkap maka kotaknya disegel.

"Jadi kita distribusikan paling lambat tanggal 7 November 2020 ke setiap kecamatan," ujarnya.

Baca juga: Soal dan Jawaban TVRI Jumat 4 Desember 2020 Kelas 1-3 SD, Apa Jasa Tan Malaka Bagi Bangsa Indonesia?

Paulinus memastikan, proses pendistribusian sampai ke TPS diperkirakan berakhir pada tanggal 8 November 2020 malam.

Diberitakan sebelumnya, KPUD Kabupaten TTU mengalami kelebihan surat suara sebanyak 1.311. Kelebihan tersebut diketahui setelah KPUD TTU melakukan penyortiran beberapa waktu yang lalu.

Hal itu disampaikan oleh Ketua KPUD Kabupaten TTU, Paulinus Lape Feka kepada Pos Kupang saat ditemui disela-sela kegiatan pengepakan surat suara di Gedung Alesyia, Kamis (3/12/2020).

Paulinus mengungkapkan, jumlah surat suara yang masuk sebanyak 178.857. Namun setelah dilakukan penyortiran, surat suara yang baik sebanyak 178.254 dan yang rusak sebanyak 603.

"Jadi dibutuhkan surat suara kita sebanyak 176.943 (DPT tambah 2,5 persen per TPS). Artinya kelebihan untuk sementara 1.311 surat suara," terangnya.

Paulinus mengatakan bahwa, kelebihan surat suara tersebut nantinya akan dipastikan setelah pihaknya melakukan pengepakan surat suara per TPS.

Paulinus menjelaskan, sesuai dengan regulasi, kelebihan dan kerusakan surat suara nantinya akan dimusnahkan satu hari sebelum pelaksanaan pemungutan suara.

"Jadi setelah logistik kita distribusikan, maka H-1 sebelum pemungutan, terkait surat suara yang rusak atau yang lebih itu dimusnahkan," ujarnya.

Paulinus menambahkan, jumlah surat suara yang rusak dan yang lebih masih bisa berubah karena pihaknya sementara melakukan pengepakan.

"Kalau nanti ditemukan ada yang kurang maka kita tambahkan dari cadangan yang 1.311 surat suara yang lebih itu. Kepastian berapa yang lebih setelah kita pak semua per TPS," pungkasnya. (Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Tommy Mbenu Nulangi)

Penulis: Thomas Mbenu Nulangi
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved