Bupati Tahun Terus Perjuangan Pengakuan Status Daerah Perbatasan

Bupati TTS, Egusem Piether Tahun terus memperjuangkan pengakuan dari pemerintah pusat terkait status Kabupaten TTS sebagai Daerah perbatasan

Penulis: Dion Kota | Editor: Kanis Jehola
POS-KUPANG.COM/DION KOTA
Bupati TTS, Egusem Piether Tahun 

POS-KUPANG.COM | SOE - Bupati TTS, Egusem Piether Tahun terus memperjuangkan pengakuan dari pemerintah pusat terkait status Kabupaten TTS sebagai Daerah perbatasan dengan negera tetangga ( Australia dan Timor Leste).

Pengakuan ini sangat penting agar Kabupaten TTS mendapat gelontoran anggaran dalam percepatan pembangunan di Kabupaten terluas di pulau Timor tersebut.

" Kita di pulau Timor Kabupaten Malaka sudah dapat, Belu, TTU dapat, Kabupaten Kupang dapat tapi kita Kabupaten TTS tidak dapat pengakuan sebagai daerah perbatasan. Ini yang sedang kita perjuangkan. Jika kita dapat pengakuan dari pemerintah pusat sebagai daerah perbatasan, tentunya Pemerintah pusat akan menggelontorkan anggaran lebih untuk pembangunan infrastruktur seperti jalan, jembatan, irigasi, perumahan dan air bersih," ungkap Bupati Tahun saat ditemui POS-KUPANG.COM, Jumat (13/11/2020) di kantor Bupati TTS.

Baca juga: Setelah Diberikan Sanksi Nonjob, Bupati Tahun Sebut Ada Peningkatan Realisasi

Pangdam Udayana lanjut Bupati Tahun sudah memberikan dukungan kepada Kabupaten TTS untuk mendapatkan pengakuan sebagai daerah perbatasan.

Belum lama ini juga Panglima TNI sudah mengutus tim khusus yang datang ke Kabupaten TTS guna melihat secara langsung garis pantai selatan dan berkunjung ke daerah sutual yang sangat dekat dengan perbatasan Timor Leste.

Baca juga: MPA Sumba Timur Gelar Donor Darah di RSUD Umbu Rara Meha Waingapu

Namun pasca tim khusus tersebut turun ke Kabupaten TTS hingga saat ini hasil dari kunjungan tersebut belum disampaikan kepada Bupati TTS.

" Kita masih menunggu hasil dari kunjungan tim khusus yang diutus Panglima TNI. Kita berharap Kabupaten TTS bisa mendapatkan pengakuan sebagai Kabupaten perbatasan," ujarnya.

Ketua Komisi 1 DPRD TTS, Uksam Selan mendukung penuh perjuangan Pemda TTS dalam mendapatkan pengakuan sebagai daerah perbatasan.

Hal tersebut sebagai salah satu upaya dalam mempercepat pembangunan di daerah Kabupaten TTS.

Pasalnya jika hanya menggandalkan APBD semata, maka percepatan pembangunan infrastruktur akan sulit dilakukan untuk Kabupaten TTS yang memiliki wilayah yang sangat luas dengan topografi berbukit-bukit.

" Kami dari DPRD TTS mendukung penuh perjuangan untuk mendapatkan status daerah perbatasan. Hal ini sangat penting dalam mempercepat pembangunan di Kabupaten TTS," sebutnya. (Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Dion Kota)

Sumber: Pos Kupang
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved