Breaking News:

Trump Dinilai Tiru Prabowo, Tapsell: Belum Begitu Mirip, Kecuali Jika Jadi Menteri Pertahanan

Situasi politik pemilihan Presiden Amerika Serikat (Pilpres AS) disebut mirip kondisi situasi politik Indonesia saat Pilpres lalu

P/PATRICK SEMANSKY-AFP via Getty/MANDEL NGAN
Joe Biden dan Donald Trump. 

POS-KUPANG.COM | WASHINGTON DC - Sejumlah kalangan menyebut situasi politik pemilihan Presiden Amerika Serikat (Pilpres AS) mirip kondisi situasi politik Indonesia saat pemilihan Presiden Indonesia beberapa waktu lalu.

Pidato Presiden Trump yang mengklaim kemenangannya dalam Pilpres AS ini dinilai mirip yang dilakukan Calon Presiden Indonesia, Prabowo Subianto.

Gambaran soal pemilihan pilpres AS yang disebut mirip dengan situasi politik di Indonesia ini, mulanya disampaikan oleh Kepala Biro Washington untuk ABC Australia, David Lipson.

"Merasa seperti politik Indonesia sekarang," tulis David Lipson lewat akun Twitternya, Rabu (4/11/2020).

Tak lama kemudian, kicauan itu dibalas oleh Ross Tapsell, seorang pengajar senior di School of Culture, History and Language Australian National University (ANU).

Baca juga: Tolak Keluar Dari Gedung Putih, Trump Merasa Dicurangi

Taspell menyebut bahwa situasi ini belum begitu mirip kecuali jika presiden petahana Donald Trump diangkat menjadi Menteri Pertahanan.

"Benar. Tapi itu belum seperti politik Indonesia yang sebenarnya, kecuali Trump akhirnya menjadi Menteri Pertahanan Biden," twit Taspell.

Taspell terlibat dalam Indonesia Project di ANU dan situs berita/analisis New Mandala.

Ia juga dewan redaktur jurnal Asiascape: Digital Asia.

Kicauan yang membanding-bandingkan pilpres AS dengan situasi pilpres di Indonesia juga datang dari Aaron Connelly, peneliti dari lembaga kajian International Institute for Strategic Studies (ISS).

Halaman
1234
Editor: Hermina Pello
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved