Breaking News:

Berita TTS Terkini

Permohonan Bantuan Tenaga Dokter Pemda TTS Belum Dijawab Kementerian Kesehatan

Permohonan bantuan Pemda TTS ke Kementerian Kesehatan guna mendapatkan bantuan tenaga dokter umum untuk ditempatkan di beberap

Penulis: Dion Kota | Editor: Ferry Ndoen
POS-KUPANG.COM/Dion Kota
Kadis Kesehatan Kabupaten TTS, dr. Irene Atte 

Laporan Reporter Pos-Kupang.Com, Dion Kota

POS- KUPANG. COM | SOE - Permohonan bantuan Pemda TTS ke Kementerian Kesehatan guna mendapatkan bantuan tenaga dokter umum untuk ditempatkan di beberapa Puskesmas yang belum memiliki tenaga dokter di Kabupaten TTS belum mendapatkan jawaban.

Padahal sebelumnya, Wakil Ketua Komisi IX DPR RI, Melky Laka Lena memastikan permohonan tersebut akan dijawab dalam tahun 2020. Namun hingga kini, permohonan tersebut belum juga dijawab.

Melky yang dikonfirmasi POS-KUPANG. COM, Jumat (23/10/2020) di GOR Nekmese terkait permohonan tersebut meminta awak media untuk mengecek hal tersebut langsung ke kadis kesehatan kabupaten TTS. Namun, menurutnya dari hasil komunikasi dengan Kadis Kesehatan, permohonan tersebut sudah ada progressnya.
" Nanti cek di ibu Kadis saja. Tapi tadi kami Komunikasi katanya sudah ada progres," ujar Melky.

Terpisah, Kadis Kesehatan Kabupaten TTS, dr. Irene Atte yang dikonfirmasi terkait bantuan tenaga dokter dari Kementerian Kesehatan guna mengisi Puskesmas-Puskesmas yang belum memiliki tenaga dokter mengaku, belum ada jawaban dari Kementerian Kesehatan. Jika pada tahun 2020 tidak ada alokasi, dirinya berharap di tahun 2021 Kabupaten TTS bisa mendapatkan bantuan alokasi tenaga dokter dari Kementerian Kesehatan guna mengisi Puskesmas-Puskesmas yang belum memiliki tenaga Dokter.

" Untuk tenaga dokter sejauh ini tidak ada. Hanya tenaga perawat, apoteker dan bidan saja yang kita dapat melalui program Nusantara Sehat," jelas Irene.

Diberitakan sebelumnya, Wakil Ketua Komisi IX DPR RI, Melky Laka Lena yang dikonfirmasi POS-KUPANG.COM, Senin (20/7/2020) terkait permohonan bantuan tenaga dokter Pemda TTS ke Kementerian Kesehatan mengatakan, saat ini permohonannya tersebut sedang berproses. Dirinya sudah membangun komunikasi langsung dengan pihak Kementerian Kesehatan guna menjawab permohonan bantuan Pemda TTS dalam tahun ini.

" Kementerian Kesehatan merupakan mitra kerja Komisi IX sehingga saya langsung bangun komunikasi untuk membantu Kabupaten TTS dalam mengisi kekosongan tenaga medis, khususnya dokter. Saya pastikan permohonan tersebut sebut dijawab dalam tahun ini," ungkap pria yang juga menjabat Ketua DPD I Golkar Propinsi NTT ini.

Ketika ditanyakan apakah jumlah bantuan tenaga dokter tersebut akan sesuai dengan kebutuhan 13 Puskesmas di kabupaten TTS, Melky belum bisa memastikan hal tersebut. Dirinya menyebut permohonan bantuan Pemda TTS akan dijawab dalam tahun ini. Seluruh gaji dan tunjangan tenaga dokter bantuan pusat akan dibeban kepada APBN.

" Nanti kita lihat apakah akan menjawab semua kebutuhan tenaga dokter di Puskesmas atau tidak? Yang pasti tahun ini pemerintah pusat melalui Kementerian Kesehatan akan membantu menempatkan tenaga dokter di Puskesmas-puskesmas yang kosong di Kabupaten TTS," tegasnya. (din)

Baca juga: Pasien Corona di Nagekeo Sisa Dua Orang, 12 Orang Sudah Sembuh

Kadis Kesehatan Kabupaten TTS, dr. Irene Atte
Kadis Kesehatan Kabupaten TTS, dr. Irene Atte (POS-KUPANG.COM/Dion Kota)
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved