Breaking News:

Berita TTU Terkini

TNI dan Warga Eban Gotong Royong Bangun Rumah Adat, Ini Tujuan Luhurnya

Bangsa Indonesia merupakan negara yang memiliki banyak keanekaragaman suku dan budaya. Hal ini mendorong institusi TNI khususnya Satga

foto : Dok. Satgas Yonarmed 3/105 Tarik.
TNI Satgas Yonarmed 3/105 Tarik dan Warga Eban Gotong Royong Bangun Rumah Adat, Rabu (16/9/2020) 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Edy Hayong

POS-KUPANG.COM I BETUN--Bangsa Indonesia merupakan negara yang memiliki banyak keanekaragaman suku dan budaya. Hal ini mendorong institusi TNI khususnya Satgas Yonarmed 3/105 Tarik berempati melestarikan warisan tersebut.

Warga bersama TNI gotong royong saling membantu membangun pembuatan Rumah Adat Timor di wilayah Desa Eban, Kecamatan Miomaffo Barat, Kabupaten Timor Tengah Utara, Nusa Tenggara Timur.

Mengutip Rilis Berita dari Perwira Penerangan (Papen) Satgas Yonarmed 3/105 Tarik, Letda (Arm) Rizky kepada Pos-Kupang, Rabu (16/9) bahwa kegiatan dilaksanakan, Rabu (16/9).

Menurut Dansatgas Yonarmed 3/105 Tarik, Letkol Arm Laode Irwan Halim, S.I.P., M.Tr. (Han) ditegaskan bahwa bermacam-macam Budaya yang ada di Indonesia tidak menyurutkan Satgas Yonarmed 3/105 Tarik dalam merangkul masyarakat perbatasan guna menyatukan keanekaragaman tersebut.

"Uniknya fungsi dan kegunaan rumah adat ini menjadi daya tarik tersendiri bagi personel Satgas untuk langsung membantu proses pembuatannya, karena hanya di tanah timor kita bisa melihat bentuk rumah yang seperti ini," ucap Dansatgas.

Selain itu, lanjutnya, membantu proses pembuatan, personel Satgas juga bertujuan untuk lebih mendekatkan diri kepada masyarakat desa guna menciptakan ikatan yang harmonis.

Dikatakan, beberapa anggota yang terjun langsung ke lokasi pembuatan rumah adat mengaku merasa tertarik dengan bentuk serta cara pembuatan warisan Budaya Timor tersebut.

Selain itu, pembuatan rumah adat ini sebagai warisan budaya tanah timor  agar terjaga kelestariannya.

Warga sangat gembira dengan pembangunan rumah adat  berkat kehadiran anggota Satgas yang turut membantu tahap demi tahap proses pembuatan rumah tersebut.

Halaman
12
Penulis: Edy Hayong
Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved