Breaking News:

Renungan Harian Katolik

Peringatan Santo Kornelius dan Santo Siprianus: Tegas dalam Prinsip, Penuh Kasih dalam Sikap

Sosok Santo Kornelius dan Santo Siprianus yang kita peringati pada hari ini adalah pribadi yang saleh, rendah hati dan penuh kasih dalam hidup

Dok Pribadi
RD Eman Kiik Mau 

Renungan Harian Katolik, Rabu 16 September 2020

Tegas dalam Prinsip, Penuh Kasih dalam Sikap (1 Kor 12:31-13:13. Luk 7:31-35)
Peringatan Santo Kornelius, Paus dan Siprianus, Uskup dan Martir

Oleh: RD. Eman Kiik Mau

POS-KUPANG.COM - Orang yang menandaskan hidupnya dalam kasih seringkali dianggap tidak tegas, plin plan dan tidak punya prinsip. Padahal orang tersebut selalu mencoba untuk bersikap positif terhadap orang lain.

Namun dia pun bisa menegur dengan tegas pada saat yang tepat kepada orang-orang yang dianggap melanggar prinsip kasih, tetapi sekaligus selalu membuka tangannya dan siap merangkul kembali jika mereka menyesal dan bertobat.

Sosok Santo Kornelius dan Santo Siprianus yang kita peringati pada hari ini adalah pribadi yang saleh, rendah hati dan penuh kasih dalam hidup sebagai imam.

Kornelius dipilih menjadi Paus setelah Takhta Suci mengalami kekosongan selama kurang lebih dua tahun.

Pada masa itu sekitar tahun 251, Gereja banyak mengalami tantangan dan pengejaran dari kekaisaran Romawi, dj samping itu, dari dalam gereja sendiri banyak umat yang murtad karena tak tahan menghadapi tekanan dan kekejaman dari kaisar.

Di tambah lagi banyak imam yang bersikap keras dan tidak mau menerima kembali umat yang murtad apa pun alasannya meskipun mereka sudah menyesal dan bertobat.

Dalam situasi seperti ini, Paus Kornelius menggembalakan umatnya dengan penuh kasih dan bijaksana, namun juga bersikap tegas dalam menghadapi pelbagai pihak yang menentang dan mempersulit umat yang bertobat dan ingin kembali ke pangkuan Gereja.

Uskup Siprianus dari Kartago mengirimkan surat kepada Paus Kornelius, surat-surat yang membangkitkan semangat serta menyatakan dukungan.

Dengan penuh semangat, Uskup Siprianus mengobarkan hati Paus Kornelius. Pelbagai tulisan Siprianus menjelaskan tentang kasih yang harus dimiliki umat Kristiani bagi persatuan Gereja.

Ya Tuhan Yesus, diri kami sangat rapuh, sehingga kami berpaling dari jalan yang Dikau tunjukkan kepada kami. Anugerahilah kami kasih-Mu yang sempurna, agar kami setia dan terbuka pada kehendak-Mu yang kudus. Amin.

Editor: Agustinus Sape
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved