Breaking News:

Berita Kota Kupang Terkini

Wali Kota Kupang Serahkan Dua Unit Ambulans Puskesmas Keliling

Wali Kota Kupang, Jefri Riwu Kore menyerahkan dua unit Ambulans Puskesmas Keliling yang diterima oleh Kepala Puskesmas Penfui, Maria Stephani d

Pos Kpg.Com/Yen
PENYERAHAN SIMBOLIS -- Wali Kota Kupang, Jefri Riwu Kore, didampingi Kepala Dinas Kesehatan Kota Kupang, Retnowati dan Sekretaris Dinas Kesehatana, menyerahkan mobil ambulans Puskesmas Keliling secara simbolis kepada Kepala Puskesmas Penfui, Maria Stephanie di halaman Kantor tersebut, Selasa (1/9). 

POS-KUPANG.COM | KUPANG -- Wali Kota Kupang, Jefri Riwu Kore menyerahkan dua unit Ambulans Puskesmas Keliling yang diterima oleh Kepala Puskesmas Penfui, Maria Stephani dan Kepala Puskesmas Oesapa, Shinta Ndaumanu, di halaman Kantor Dinas Kesehatan Kota Kupang, Selasa (1/9/2020).

Ia juga menyerahkan satu unit mobil Promosi Kesehatan kepada pihak Dinas Kesehatan. Sebelum penyerahan Jefri melakukan test drive dengan menyetir sendiri mobil Promosi Kesehatan tersebut dengan mengitari jalan sekitar kantor.

Jefri kepada POS-KUPANG.COM, Selasa (1/9), berharap kedepan semua Puskesmas akan mendapatkan mobil Puskesmas Keliling sehingga pelayanan kepada masyarakat bisa lebih maksimal.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Kupang, Retnowati, menyampaikan penyerahan mobil ambulans Puskesmas Keliling sesuai permintaan puskesmas dalam rangka peningkatan pelayanan di Puskesmas. Sumber dana yang digunakan dari dana alokasi khusus yang sudah diusulkan dari tahun 2019.

Kata Retno untuk mobil baru ambulans baru saja di tahun ini dua unit. Rencananya tahun depan akan ditambah dua unit mobil lagi, jadi setiap tahun dua unit untuk melengkapi mobik ambulans yang sudah ada.
Dikatakannya, sebelumnya mobil ambulans sudah ada hanya sudah terlalu lama dan semakin banyak tuntutan masyarakat, seperti rujukan, menjemput pasien maka Puskesmas ditunjang dengan dua mobil ambulans.

Mobil ini, lanjut Retno, nantinya akan digunakan untuk sistem rujukan agar Puskesmas tidak terlambat menyiapkan mobil. Selain itu juga menjemput bola bila pasien tidak mempunyai keberdayaan untuk datang dan BKS belum tiba, sehingga puskesmas menjadi jaringamnya.

"BKS nantinya menjadi sistem 119. Kita akan membuat jejaring dengan puskesmas-puskesmas sehingga pelayanan bisa lebih dekat, bila jangkauan BKS terlalu jauh dari lokasi. BKS pun mempunyai anak-anak jaringan di puskesmas. Jadi satu puskesmas mempunyai dua-dua ambulans," tuturnya.

Sedangkan kata Retno, mobil Promosi Kesehatan akan dipergunakan untuk sosialisasi kesehatan keliling kota Kupang bersama-sama dengan Puskesmas. "Jadi di titik-titik tertentu mobil akan berhenti sosialisasi kemudian ada layar yang bisa disaksikan masyarakat," ujarnya.

Kepala Puskesmas Oesapa, Shinta Ndaumanu mengaku berbahagia bisa mendapatkan penambahan mobil ambulans sehingga dapat menunjang pelayanan lebih maksimal di puskesmas. Karena selama ini kendaraan Puskesmas Oesapa tidak maksimal.

"Kami masih pinjam dari puskesmas lain ,kalau sudah ada pusling, kami turun ke kelurahan, RT/RW dan semua kegiatan lebih maksimal. Jadi semua informasi kesehatan yang ada di puskesmas kami keliling," tuturnya.

Kata Shinta sebelumnya ada kendaraan kendaraan pusling lainnya tapi dalam keadaan yang tidak maksimal. Oleh karena itu dengan adanya kendaraan baru ini maka pelayanan akan lebih dimaksimalkan untuk masyarakat.(Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Yeni Rachmawati).

PENYERAHAN SIMBOLIS -- Wali Kota Kupang, Jefri Riwu Kore, didampingi Kepala Dinas Kesehatan Kota Kupang, Retnowati dan Sekretaris Dinas Kesehatana, menyerahkan mobil ambulans Puskesmas Keliling secara simbolis kepada Kepala Puskesmas Penfui, Maria Stephanie di halaman Kantor tersebut, Selasa (1/9).
PENYERAHAN SIMBOLIS -- Wali Kota Kupang, Jefri Riwu Kore, didampingi Kepala Dinas Kesehatan Kota Kupang, Retnowati dan Sekretaris Dinas Kesehatana, menyerahkan mobil ambulans Puskesmas Keliling secara simbolis kepada Kepala Puskesmas Penfui, Maria Stephanie di halaman Kantor tersebut, Selasa (1/9). (Pos Kpg.Com/Yen)
Penulis: Yeni Rachmawati
Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved