Breaking News:

Berita Kota Kupang Terkini

Di Kota Kupang, FIRMANMU Masih Banyak PR yang Harus Dikerjakan

DPRD Kota Kupang mengapresiasi atas 3 tahun kepemimpinan FIRMANMU tepat di (22/8). Banyak hal yang bisa dilihat misalkan padanya perubahan

Di Kota Kupang, FIRMANMU Masih Banyak PR yang Harus Dikerjakan
POS-KUPANG.COM/Yeni Rachmawati
Firmanmu

POS-KUPANG.COM | KUPANG -- DPRD Kota Kupang mengapresiasi atas 3 tahun kepemimpinan FIRMANMU tepat di (22/8). Banyak hal yang bisa dilihat misalkan padanya perubahan wajah penataan Kota Kupang dan lampu-lampu jalan dan lampu hias.

Termasuk capaian predikat wajar tanpa pengeculian (WTP). Namun demikian, masih banyak hal juga yang yang tak lepas dari perhatian bersama, misalnya saja penataan dan konsolidasi birokrasi yang dinilai lamban. Dimana ditandai dengan tiga penjabat sekda dalam rentan waktu tiga tahun. Padahal birokrasi menjadi motor gerakan (eksekutor) setiap program.

Ketua Komisi I DPRD Kota Kupang, Yuven Tukung, kepada POS-KUPANG.COM, mengatakan oleh sebab itu, harusnya sejak satu tahun awal birokrasi harus tertata dan terkonsolidasi. Tetapi begitu banyaknya jabatan yang lowong di beberapa tingkat eselon II, III, dan IV dan hal ini diyakini dampaknya berkorelasi langsung terhadap garis koordinasi dan komunikasi dalam menjalankan program.

Selain itu, kata Yuven, lambannya proses pengisian jabatan dimaksudkan juga berpengaruh terhadap jejang karier bagi teman-teman di pemerintahan.

Kemudian, lanjutnya, masalah lainnya adalah masalah sampah, air minum juga belum tuntas.
Kata Yuven, di sektor pendidikan, masih kekurangan sarana dan prasarana, masih belum terjangkaunya perhatian terhadap para guru terutama rekan gurunya yang upahnya jauh dibawah upah minimum dan sudah sekian lama mereka berharap untuk diangkat menjadi tenaga honorer daerah.

Ia mengatakan untuk pelatihan-pelatihan bagi para guru juga masih belum menjadi perhatian serius. Pada sisi lain dalam sektor ekonomi belum terlalu nampak. Misalkan saja untuk mendorong pertumbuhan sektor usaha Mikro, Kecil dan Menengah.

"Hal ini kita bisa lihat, apanya yang bisa kita tonjolkan di kota ini? Sekedar mencarikan oleh-oleh khas di kota ini begitu susah dapat dan kalaupun ada tapi sangat terbatas. Kalaupun ada program dana PEM itu iya tapi merupakan program bawaan dari pemerintahan sebelumnya yaitu di bawah kepemimpinan Bapak Jonas Salean dan Bapak Herman Man. Begitu pun program beasiswa terhadap masyarakat kurang mampu. Berbagai persoalan ini turut menghiasi perjalanan 3 tahun kepemimpinan FIRMANMU!," terangnya.

Oleh karena itu, kata Yuven, penataan birokrasi harus menjadi perhatian serius dalam waktu yang tersisa ini termasuk berbagai persoalan yang tergambar di atas. Semuanya itu menjadi hutang pemerintahan FIRMANMU dalam waktu yang tersisa ini.

Terkait anggaran, kata Yuven, DPRD Kota Kupang tidak pernah menghambat dari sisi anggaran. "Sebab semangat kita sebagai DPRD juga sama yaitu setiap program yang dianggap berorientasi pada pemenuhan kebutuhan masyrakat kita selalu mendorong. Kita tidak pernah menghambat hambat bahkan yang dinilai kurang anggarannya malah kita tambahkan. Yang penting arah dan orientasi programnya jelas dan bermuara pada kesejahteraan rakyat kota kupang," tuturnya.

Program kerja lima tahun FIRMANMU, menurutnya, belum semuanya tuntas. Karena berbagai persoalan yang telah ia uraikan. Tidak mudah dalam menyelesaikan masa tugas selama dua tahun ke depannya. Selain harus menuntaskan berbagai persoalan di atas apalagi di tengah wabah covid 19 yang telah berimpikasi pada berbagai sektor terutama sektor ekonomi dan kesehatan. Yang kita tidak bisa prediksi sampai kapan berkahirnya.

"Oleh karena itu kita berharap dan kita mendorong agar dalam waktu dua tahun yang tersisa ini pemerintah benar-benar fokus pada upaya pemulihan ekonomi dan kesehatan. Dalam hal penganggarannya harus betul-betul sesuqi dengan kondisi yang saat kita sedang hadapi dan apabila nafas gerakannya ke situ maka kita siap mendukung penuh dari ruang pilitiknya," tuturnya.

Sementara itu Ketua DPRD Kota Kupang, Yeskiel Loudoe, menanggap program FIRMANMU selama ini biasa-biasa saja. Tidak ada yang luar biasa, karena masih banyak kekurangan-kekurangan.(Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Yeni Rachmawati).

Firmanmu
Firmanmu (POS-KUPANG.COM/Yeni Rachmawati)
Penulis: Yeni Rachmawati
Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved