Breaking News:

Cegah Pandemi Covid-19 dan Ketahanan Pangan, Polres Manggarai Launching Kampung Tangguh Lawir, Simak

kemajuan masyarakat di kampung, tetapi justru membuat kita semakin kreatif dalam membangun paradigma baru tentang Kampung Tangguh.

POS-KUPANG.COM/Dok Polres Manggarai.
Peninjauan lokasi lahan holtikultura milik masyarakat Kampung Lawir. 

Cegah Pandemi Covid-19 dan Ketahanan Pangan, Polres Manggarai Launching Kampung Tangguh Lawir

POS-KUPANG.COM | RUTENG--Pihak Kepolisian dari Polres Manggarai menjadikan kampung Lawir, di Kelurahan Lawir, Kecamatan Langke Rembong, sebagai Kampung Tangguh dalam upaya memutus mata rantai penyebaran covid-19 dan juga untuk ketahanan pangan ditengah pandemi Covid-19.

Acara pelaunchingan kampung Tangguh Lawir ini berlangsung di Kampung Lawir, Rabu (12/8/2020). Launching Kampung Tangguh Lawir ini ditandai dengan pemotongan pita oleh Wakil Bupati Manggarai Drs Victor Madur bersama Kapolres Manggarai AKBP Mas Anton Widyodigdo S.H.,S.I.K.

Turut hadir dan menyaksikannya Dandim 1612/Manggarai Letkol Kavaleri Ivan Alfa S.Sos, Danki Brimob Sub Den 2 Den Pelopor Manggarai Iptu Sigit, Kasat Binmas Polres Manggarai, Iptu Sulfinda Hadi, S.TrK, Camat Langke Rembong, Lurah Lawir, para Tokoh Adat Kelurahan Lawir, para Ketua RT/RW Kelurahan Lawir, serta masyarakat setempat serta pemilik tanaman kebun holtikultura.

Wakil Bupati Manggarai Drs Victor Madur dalam kesempatan tersebut mengatakan bahwa dengan ditetapkannya Kampung Lawir sebagai Kampung Tangguh merupakan sebuah inovasi baru dari Kepolisian Republik Indonesia.

"Ini suatu inovasi atau terobosan yang dilaksanakan oleh Polres Manggarai dengan berdirinya Kampung Tangguh ini. Tangguh dari aspek kemandirian masyarakat, pangan, Kamtibmas dan sebagainya,"jelasnya.

Kampung Tangguh ini, lanjut Wabup Victor, diharapkan dapat meningkatkan peran serta masyarakat setempat terutama dalam menghadapi pandemi Covid-19 dan juga ketangguhan dalam hal ketersediaan pangan.

Sementara itu Kapolres Manggarai AKBP Mas Anton Widyodigdo S.H., S.I.K, menjelaskan, kegiatan launching perdana program Kampung Tangguh Turangga Lawir ini merupakan tindak lanjut dari perintah Kapolri dalam meminimalisir dampak Covid-19 di Kabupaten Manggarai.

"Kegiatan ini merupakan perintah Pak Kapolri. Tujuan dilaksanakannya Kampung Tangguh ini agar masyarakat berpartisipasi dalam mengatasi dampak ekonomi akibat pandemi Covid-19 ini," paparnya.

Kapolres Mas Anton juga mengajak masyarakat Manggarai pada umumnya agar melakukan upaya kreatif dalam mempertahankan hidup ditengah pandemi Covid-19 yang sedang melanda. Pandemi Covid-19 bukan menjadi alasan untuk melumpuhkan keamanan dan kemajuan masyarakat di kampung, tetapi justru membuat kita semakin kreatif dalam membangun paradigma baru tentang Kampung Tangguh.

"Di tengah masa pandemi Covid-19 Gerakan Kampung Tangguh juga merupakan strategi sekaligus solusi yang mengingatkan dan menyadarkan kita untuk terus mencintai kampung dimana kita hidup serta mengoptimalkan kemampuan dan kesuburan tanah kita di Manggarai,"ungkap Kapolres Mas Anton.

Menurutnya, Kampung Lawir dipilih karena kampung ini berada di tengah kota. Selain itu, berdasarkan berbagai pertimbangan tim Polres Manggarai, Kampung Lawir dianggap pas dijadikan role model bagi pendirian kampung tangguh.

SEDIH dan Mengerikan, Dogonsa Tewas Terpanggang Api Bersama Sepeda Motor, Hangus, Begini Kejadiannya

Tahun Baru Islam 1442 Hijriyah - Tiga Amalan yang Disunnahkan saat Menyambut Bulan Muharram

Dalam kesempatan tersebut, Wakil Bupati Manggarai, Kapolres Manggarai dan Dandim Manggarai bersama rombongan juga meninjau lokasi tanaman hortikultura dari masyarakat Lawir. Adapun jenis tanaman yang dibudidaya masyarakat, antara lain, cabai dan mentimun, berbagai macam sayuran organik seperti fambox, tomat, kol, selada kriting, dan masih banyak jenis sayuran lainnya. (Laporan Reporter POS-KUPANG.COM/ROBERTUS ROPO)

Penulis: Robert Ropo
Editor: Rosalina Woso
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved