Breaking News:

Kamis Ini, Dinas Dukcapil Luncurkan

Dinas Dukcapil Kota Kupang akan meluncurkan pelayanan baru yaitu Sistem Informasi Manajemen Pelayanan Terintegrasi ( SIMPEL)

POS-KUPANG.COM/Yeni Rachmawati
Agus Ririmasse 

POS-KUPANG.COM | KUPANG -- Dinas Dukcapil Kota Kupang akan meluncurkan pelayanan baru yaitu Sistem Informasi Manajemen Pelayanan Terintegrasi ( SIMPEL), pada Kamis (13/8/2020). SIMPEL ini rencananya akan diresmikan oleh Wali Kota Kupang, Jefri Riwu Kore pukul 09.00 Wita.

Kepala Dinas Dukcapil Kota Kupang, Agus Ririmasse kepada POS-KUPANG.COM, Selasa (11/8), mengatakan SIMPEL merupakan inovasi terbaru Dukcapil Kota Kupang sebagai upaya untuk mengelola pelayanan administrasi kependudukan dan pencatatan sipil dalam suatu sistem informasi yang terintegrasi yang dapat diakses warga Kota Kupang secara offline maupun online.

PDIP Umumkan 75 Paslon Pilkada 2020, Maria Lali: Kita Menunggu SK untuk Paket Hebat

SIMPEL, kata Agus, memuat berbagai persyaratan layanan adminduk, bisnis proses pengurusan adminduk sampai pada pencetakan output pelayanan maupun pengantaran dokumen adminduk dan Catatan Sipil bagi warga Kota Kupang dengan mengedepankan pelayanan publik yang efektif dan efisien.

Ia mengutarakan tujuan SIMPEL adalah membangun sebuah sistem informasi pelayanan administrasi kependudukan yang terintegrasi bagi warga Kota Kupang, juga dapat menerapkan pelayanan administrasi kependudukan berbasis simpel.

Perluas Pasar di NTT, Maxim Tambah Area Operasi di Kupang

Dapat melakukan sosialisasi layanan simpel kepada warga Kota Kupang dan melakukan monitoring dan evaluasi terhadap pelaksanaan layanan simpel.

"Manfaat Simpel yaitu warga Kota Kupang dapat mengajukan permohonan layanan kependudukan dari rumah saja. Setelah diproses di Dukcapil kota Kupang petugas akan mendistribusikan dokumen output ke rumah warga. Selain itu pemberian rating penilaian oleh warga yang mendapat pelayanan sehingga dapat menjadi feedback buat pembenahan pelayanan Dukcapil kota Kupang kedepannya. Sekaligus merupakan wujud transparansi kinerja pelayanan publik dukcapil bagi warga Kota Kupang," ujarnya.

Selain itu juga, kata Ririmasse, dapat dilakukan pendataan arsip baik fisik maupun digital yang langsung terintegrasi dengan pelayanan.

Dapat mengetahui dengan pasti kinerja petugas atau pegawai Dukcapil di setiap level pengguna. Sebagai ruang interaksi dan informasi publik secara online bagi warga yang kesulitan dalam pelayanan adminduk.

Juga untuk melakukan pemetaan layanan warga berdasarkan lokasi rumah berbasis peta google dan manajemen sistem antrian bagi warga yang datang secara langsung di kantor Dukcapil kota Kupang. (Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Yeni Rachmawati)

Penulis: Yeni Rachmawati
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved