Breaking News:

Berita Ende Terkini

Perang Padam Menuju Zero Gangguan Jaringan Listrik, PLN Gandeng Kodim 1602 Ende

Manajemen Perusahaan Listrik Negara (PLN) Flores Bagian Barat Nusa Tenggara Timur (NTT) saat ini tengah berupaya mengatasi gangguan jaringan listrik d

POS-KUPANG.COM/LAUS MARKUS GOTI.
Pemangkasan pohon di Jl. Gatot Subroto Kabupaten Ende oleh petugas PLN Flores Bagian Barat bersama Babinsa Kodim 1602 Ende, Selasa (4/8/2020). 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Laus Markus Goti

POS-KUPANG.COM | ENDE - Manajemen Perusahaan Listrik Negara (PLN) Flores Bagian Barat Nusa Tenggara Timur (NTT) saat ini tengah berupaya mengatasi gangguan jaringan listrik di wilayahnya.

Upaya dimaksud merupakan penjabaran dari program PLN pusat yakni Perang Padam Menuju Zero Gangguan Jaringan Listrik, agar masyarakat bisa menikmati listrik tanpa gangguan jaringan atau gangguan bisa diminimalisir.

Manager PLN Flores Bagian Barat, Yudi Lordyanto kepada POS-KUPANG.COM, Rabu (5/8/2020), mengatakan gangguan jaringan listrik di wilayah Flores Bagian Barat kerap disebabkan oleh pohon.

Menurutnya, program Perang Padam Menuju Zero Gangguan ini dilaksanakan selama dua bulan mulai Agustus 2020.

"Penyebab utama gangguan jaringan listrik di wilayah Flores Bagian Barat itu pohon, jadi kami mengamankan jaringan listrik dari pohon. Mayoritas sembilan puluh persen itu dikarenakan pohon. Jadi padam itu karena pohon," kata Yudi.

Di Kabupaten Ende, kata Yudi, pihaknya menggandeng Babinsa Kodim 1602 Ende untuk pengamanan jaringan, yakni memangkas pohon-pohon yang bisa mengganggu jaringan listrik."Sehingga keandalan jaringan kita semakin meningkat," ungkapnya.

Yudi menjelaskan, selain pengamanan jaringan, pemangkasan pohon dekat jaringan listrik demi menghindari bahaya terhadap keselamatan warga.

"Kalau pohonnya kontak dengan jaringan listrik, lalu ada manusia dekat pohon atau menyentuh pohon maka bisa berbahaya dan bisa menelan korban," ungkapnya.

Pantauan POS-KUPANG.COM, pemangkasan pohon dekat jaringan listrik di Kota Ende, berjalan Selasa (4/8/2020) mulai dari Jl. Gatot Subroto.

Babinsa Kodim 1602 Ende dan petugas PLN semangat bekerja. Tak jarang mereka menemui kendala terutama di lokasi-lokasi yang berdekatan dengan rumah atau bangunan warga.

Serma Haerudin Babinsa Kodim 1602/Ende didampingi oleh petugas PLN mengatakan apabila masyarakat mengetahui ada pohon yang mengganggu jaringan listrik agar menghubungi kami atau aparat setempat guna mengatasinya,” ucapnya.

Dandim 1602/Ende melalui Kapten Inf Riky Alexsander Mesah mengatakan kegiatan pendampingan tersebut atas kerjasama antara PT. PLN dengan TNI dalam rangka pemeliharaan keandalan sistem distribusi tenaga Listrik guna mengantisipasi gangguan jaringan listrik. Dia katakan pihaknya siap mendukung program PLN tersebut

Pemangkasan pohon di Jl. Gatot Subroto Kabupaten Ende oleh petugas PLN Flores Bagian Barat bersama Babinsa Kodim 1602 Ende, Selasa (4/8/2020).
Pemangkasan pohon di Jl. Gatot Subroto Kabupaten Ende oleh petugas PLN Flores Bagian Barat bersama Babinsa Kodim 1602 Ende, Selasa (4/8/2020). (POS-KUPANG.COM/LAUS MARKUS GOTI.)

Area lampiran

Penulis: Laus Markus Goti
Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved