Shorinji Kempo Komodo Lakukan Latihan dan Pungut Sanpah di Pantai Pede Labuan Bajo

Mengenakan dogi atau seragam latihan, mereka memungut sampah usai berlatih dan dipimpin langsung pelatih Shorinji Kempo Komodo

Penulis: Gecio Viana | Editor: Rosalina Woso
POS-KUPANG.COM/ISTIMEWA
Suasana Shorinji Kempo Komodo (Perkemi Kabupaten Manggarai Barat) melakukan latihan dan memungut sampah di Pantai Pede Labuan Bajo, Sabtu (18/7/2020). 

Shorinji Kempo Komodo Lakukan Latihan dan Pungut Sanpah di Pantai Pede Labuan Bajo

POS-KUPANG.COM | LABUAN BAJO - Shorinji Kempo Komodo (Perkemi Kabupaten Manggarai Barat) melakukan latihan dan memungut sampah di Pantai Pede Labuan Bajo, Sabtu (18/7/2020).

Mengenakan dogi atau seragam latihan, mereka memungut sampah usai berlatih dan dipimpin langsung pelatih Shorinji Kempo Komodo, Nani Suwardi.

Setiap sampah plastik dan sampah lainnya yang ditemukan, langsung dipungut dan dikumpul oleh para atlet dan langsung dibakar.

"Kami sebelumnya melakukan pemanasan, lalu pungut sampah, latihan lagi dan selesai kami santai bersama dengan makan siang bersama di pantai," kata pelatih Shorinji Kempo Komodo, Nani Suwardi.

Dijelaskannya, kegiatan tersebut merupakan rutinitas yang selalu dilakukan jika memilih berlatih di pantai.

Dengan melakukan pembersihan, lanjut dia, akan memberikan kesadaran bagi masyarakat lainnya agar lebih memperhatikan kebersihan lingkungan.

"Kami langsung lakukan action di lapangan, jadi dapat dilihat langsung dan diharapkan dapat memberikan edukasi kepada masyarakat lainnya," katanya.

Di lain sisi, kegiatan tersebut juga merupakan edukasi bagi para atlet sebagai generasi penerus bangsa sekaligus mendukung pengembangan wisata di Labuan Bajo.

"Jadi, kebersihan dan bebas sampah adalah utama. Dengan tagline generasi prestasi, generasi ebas menuju dan mendukung Labuan Bajo sebagai wisata premium," katanya.

Kegiatan tersebut, kata Nani, akan selalu dilakukan baik di wisata pantai maupun wisata daratan di Labuan Bajo.

Sementara itu, seorang atlet Shorinji Kempo Komodo, Siska (19) mengaku antusias mengikuti kegiatan tersebut.

Menurutnya, kegiatan tersebut sangat bermanfaat bagi para atlet karena dapat berlatih di alam bebas, sekaligus berkontribusi bagi keberhasilan lingkungan.

Berair, Rasanya Manis dan Lezat, Kenali 7 Manfaat Nanas Bagi Kesehatan Tubuh

Sudah Mengikuti Semua Tahapan di DPP, Paket Fresh Optimis Dapat Tiket dari PDIP

Anda Mengalami Anemia? Jangan Gelisah, Atasi dengan 4 Daftar Makanan Penambah Hemoglobin (Hb) Darah

"Kegiatan ini sangat positif, karena mengedukasi kami sebagai atlet, lebih utama adalah masyarakat karena mereka langsung lihat kami memungut sampah sehingga ada kesadaran, kebersihan itu penting, terlebih di daerah pariwisata ini," katanya.(Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Gecio Assale Viana)

Sumber: Pos Kupang
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved