Breaking News:

KPU Malaka Bekali PPK se-Kecamatan Sebelum Giatan Coklit

Sinerjitas antar kedua belah pihak ini perlu, agar kegiatan di lapangan tidak ada yang saling mempersalahkan satu dengan yang lain.

POS-KUPANG.COM/EDY HAYONG
Bimtek perdana untuk Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) se-Kabupaten Malaka oleh KPU Malaka, Selasa (7/7). 

KPU Malaka Bekali PPK se-Kecamatan Sebelum Giatan Coklit

POS-KUPANG.COM I BETUN--Komisi Pemilihan Umum (KPU)  Kabupaten Malaka setelah mengaktifkan kembali panitia ad hoc pertengahan Juni 2020 lalu, agenda lanjutannya menggelar kegiatan bimbingan teknis (Bimtek).

Bimtek perdana ini untuk  Panitia Pemilihan Kecamatan  (PPK) se-Kabupaten Malaka sebelum tahapan pelaksanaan  pencocokan dan penelitian (Coklit) pemutakhiran data pemilih pada pilkada serentak yang diagendakan 9 Desember 2020 mendatang.

Pantauan Pos-Kupang, kegiatan bimtek selama sehari  bagi Panitia Pemilihan Kecamatan  (PPK) Se-kabupaten Malaka digelar di  Aula Susteran SsPs Betun, Desa Wehali, Kecamatan Malaka Tengah, Selasa (7/7).

Bimtek pemutakhiran data dan penyusunan daftar pemilih dalam pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Malaka Tahun 2020 ini di buka oleh Ketua KPU Kabupaten Malaka Makarius Bere Nahak.  Dihadiri oleh nara sumber Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Malaka, Ferdynandus Rame,  para Komisioner KPU Malaka Serta PPK se-Kabuten Malaka.

Ketua KPU Kabupaten Malaka Makarius Bere Nahak mengatakan,  dalam rangka mempersiapkan lanjutan tahapan pemutakhiran data pemilih maka   dilaksanakan bimtek bagi PPK yang tersebar di 12 kecamatan yang ada.

Dijelaskannya bahwa peserta bimtek terdiri dari ketua PPK dan anggota PPK. Dalam bimtek yang digelar ini, pemaparan materi lebih kepada persiapan pemutakhiran data pemilih, pengelolaan data pemilih, penyiapan A-KWK dan persiapan perekrutan PPDP.

"Harapan kita dengan bimtek ini, PPK mendapatkan gambaran bagaimana mekanisme kerja di lapangan nanti. Harapan kita, akurasi data pemilih dan ini dalam upaya  meningkatkan partisipasi politik dan kualitas Pilkada," jelas Makarius.

Ditambahkannya, pemutakhiran data pemilih adalah salah satu tahapan krusial dalam sebuah pemilihan. Dengan akurasi dapat diharapkan kualitas pilkada dan partisipasi politik meningkat.

"Nanti dalam kegiatan coklit nanti, semua petugas akan dilengkapi dengan Alat Pelindung Diri (APD). Ini sesuai protokoler kesehatan," tambah Makarius.

Halaman
123
Penulis: Edy Hayong
Editor: Rosalina Woso
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved