Breaking News:

Virus Corona

Timor Leste Jadi Negara Paling Miskin di Dunia, Begini Perkembangan Virus Corona Tetangga Indonesia

Meskipun Timor Leste, tetangga terdekat Indonesia, masuk dalam negara termiskin dunia, namun kasus virus corona di negara tersebut tidak meningkat

(Kompas.com)
Salah satu sudut Kota Dili,Timor Leste dengan latar belakang laut lepas dan patung Cristo Rei atau yang dalam bahasa Indonesia berarti Kristus Raja. 

Kini Timor Leste Jadi Negara Paling Miskin di Dunia, Begini Perkembangan Virus Corona Tetangga Indonesia

POS KUPANG.COM -- Meskipun Timor Leste, tetangga terdekat Indonesia, masuk dalam negara termiskin dunia, namun kasus virus corona di negara tersebut tidak meningkat bahkan sejak Mei 2020 dinyatakan nol kasus.

 Timor Leste lepas dari Indonesia dan resmi merdeka pada 20 Mei 2002. Namun Indonesia secara berangsur mulai meninggalkan negara itu pada September 1999 setelah sebagian besar masyarakat Timor Leste memilih menolak otonomi khusus.

Kini setelah 18 tahun merdeka, harapan masyarakat Timor Leste untuk hidup lebih makmur setelah lepas dari Indonesia belum juga kesampaian.

Negara di bagian timur Pulau Timor itu malah terjerembab ke jurang kemiskinan, bahkan negara ini masuk dalam daftar negara paling miskin di dunia.

Bukan hanya itu, negara yang hanya menggantungkan ekonominya pada hasil minyak bumi ini terancam bangkrut bila tak lagi sanggup bayar hutang dan cadangan minyak bumi habis kelak.

Timor Leste, dulunya bernama Timor Timur, pernah menjadi bagian dari Negara Kesatuan Republik Indonesia ( NKRI). Provinsi ke-27 ini resmi memisahkan diri dari Indonesia pada 20 Mei 2002 atau pasca-refrendum.

Artinya, negara berdaulat yang bertetangga dengan Provinsi NTT ini sudah berusia 18 tahun. Lalu, bagaimana kondisi perekonomian Timor Leste setelah merdeka dari Indonesia?

Dikutip dari laporan resmi Bank Dunia tahun 2020, Minggu (5/7/2020), pertumbuhan ekonomi Timor Leste terbilang masih lambat dibandingkan negara-negara Asia Tenggara.

Negara dengan nama resmi Republica Democratica de Timor Leste ini masih jadi salah satu negara paling miskin di dunia.

Halaman
1234
Penulis: Agustinus Sape
Editor: Agustinus Sape
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved