Kabupaten Belu Raih Opini WTP Untuk Kedua Kalinya

Opini WTP ini merupakan yang kedua kalinya diraih Kabupaten Belu secara berturut-turut tahun anggaran 2018 dan 2019.

POS-KUPANG.COM/TENI JENAHAS
Bupati Belu, Willyrodus Lay, Wakil Bupati, J.T Ose Luan dan Ketua pose bersama usai Vicon dengan BPK di Ruang Kerja Bupati Belu, Selasa (30/6/2020 

Kabupaten Belu Raih Opini WTP Untuk Kedua Kalinya

POS KUPANG.COM| ATAMBUA--Kabupaten Belu dibawah kepemimpinan Bupati Belu, Willybrodus Lay, SH dan Wakil Bupati Belu, Drs. J.T. Ose Luan kembali meraih Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) atas Laporan Hasil pemeriksaan (LHP) Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Kabupaten Belu Tahun Anggaran 2019.

Opini WTP ini merupakan yang kedua kalinya diraih Kabupaten Belu secara berturut-turut tahun anggaran 2018 dan 2019.

Hal ini diumumkan Ketua BPK Perwakilan NTT, Ir. Adi Sudibyo, MM melalui Video Conference bersama Pemerintah Kabupaten Belu yang dihadiri Bupati Belu, Willybrodus Lay, SH, Ketua DPRD Kab. Belu, Jeremias Manek Seran Junior, Wakil Bupati Belu, Drs. J.T. Ose Luan, Pj. Sekda Belu, Drs. Marsel Mau Meta dan Inspektur Inspektorat, Romualdus Th. Josetyawan Manek, S.Pt, di Ruang Kerja Bupati Belu, Selasa (30/6/2020).

BPK menilai Pemerintah Kabupaten Belu telah menyelenggarakan prinsip akuntansi yang berlaku umum dengan baik.

Sudibyo mengatakan, pemeriksaan Laporan Keuangan Kabupaten Belu tahun 2019 dilakukan sebanyak dua kali yakni, pemeriksaan intern dilakukan Februari-Maret 2020 serta pemeriksaan virtual jarak jauh Mei-Juli 2020. Hasil penilaiannya, LKPD Kabupaten Belu tahun 2019 mendapat Opini WTP seperti tahun 2018. Belu berhasil mempertahankan prestasi ini dengan baik.

"Tahun ini Kabupaten Belu mendapat WTP seperti tahun 2018 lalu, artinya Belu kembali mempertahankan prestasi yang membanggakan dan harus senantiasa dipertahankan pada tahun mendatang," ungkap Sudibyo

Dalam kesempatan itu, BPK juga memberikan catatan bagi Pemkab Belu agar segera menyelesaikan permasalahan aset tetap yang saat ini sudah mencapai 85 persen dari target pencapaian sehingga tidak memperngaruhi penilaian tahun 2020.

"Kami meminta Pemkab Belu segera menyelesaikan permasalahan aset tetap yang penyelesaiannya telah mencapai 85 persen, dan segera mencapai target agar tidak mempengaruhi penilaian pada tahun 2020," pinta Sudibyo.

Bupati Belu, Willybrodus Lay, SH dalam siaran pers yang diterima Pos Kupang.Com menyampaikan terima kasih untuk semua elemen yang telah berkontribusi dengan caranya masing-masing sehingga laporan atas hasil pemeriksaan keuangan di Kabupaten Belu meraih Opini WTP.

Halaman
12
Penulis: Teni Jenahas
Editor: Rosalina Woso
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved