China Memang Serakah, Selain India, China Juga Bersengketa dengan Indonesia dan 17 Negara Lain

Wilayah yang sebelumnya sudah menjadi sengkata antar negara ASEN, kini ditambah lagu dengan China yang langsung menghadirkan militernya di kawasan ter

Defense Intelligence Agency 2019 China Military Power report
Militer China berusaha keras menyaingi AS, mereka sudah bosan menjadi inferior dimata Paman Sam 

China Memang Serakah, Selain India, China Juga Bersengketa dengan Indonesia dan 17 Negara Lain

POS KUPANG.COM -- Klaim China atas sebagian besar Laut China Selatan telah menciptakan ketegangan di wilayah ini

Wilayah yang sebelumnya sudah menjadi sengkata antar negara ASEN , kini ditambah lagu dengan China yang langsung menghadirkan militernya di kawasan tersenbut

Di Laut China Selatan, China mengklaim wilayah perairan tersebut dengan menyebut sembilan garis putus putus dan lagsun tumpang tindih dengan wilayah perairan Indonesia di Pulau Natuna

Bukan saja di laut, di daratan, China juga mengklaim wilyah di bagian barat Himalaya yang membuat negara Tirai Bambu itu juga mengklaim sejumlah wilayah daratan di negara-negara Asia Tenggara

Konflik wilayah perbatasan antara India vs China yang sempat menewaskan puluhan tentara dari kedua belah pihak belum berujung damai.

Dalam foto yang dirilis 5 Mei 2013, menunjukkan tentara China membentangkan banner bertuliskan Kalian melewati batas, kembalilah di Ladakh, India. Dua negara terlibat konflik pertama dalam 45 tahun terakhir di perbatasan, di mana tentara mereka terlibat pertarungan tangan kosong yang menyebabkan puluhan prajurit tewas dan terluka.
Dalam foto yang dirilis 5 Mei 2013, menunjukkan tentara China membentangkan banner bertuliskan Kalian melewati batas, kembalilah di Ladakh, India. Dua negara terlibat konflik pertama dalam 45 tahun terakhir di perbatasan, di mana tentara mereka terlibat pertarungan tangan kosong yang menyebabkan puluhan prajurit tewas dan terluka. ((AP Photo/File))

Namun sengketa perbatasan China ternyata tidak hanya dengan India saja. China memiliki konflik perbatasan dengan belasan negara, termasuk Indonesia.

Perselisihan di perbatasan antara tentara India dan tentara Kebebasan Rakyat China (PLA) telah memicu sentimen anti-China di India. Seruan untuk boikot produk China menggaung dari kalangan elit politik terkemuka sampai rakyat biasa di India.

Suasana Detik-detik Anggota Polda Metro Jaya Dikeroyok Warna Nigeria

Artis Cantik ini Meninggal di Usia Muda, Makanan Favorit Renita Sukardi Penyebab Kanker Payudaranya

Rekeor Berhubungan Badan dengan Banyak Pria Dipecahkan Lisa Sparx Tahun 2004, Kini Menyesal

Pantangan Besar yang Harus Dituruti Ruben Onsu demi Betrand Peto Diungkap Paranormal, Harus Taat?

Harga Fantastis Sepeda Luna Maya, Natizen Bandingkan degan Harga Motor dan Kebun

Baca juga: Kapok jadi artis film porno, berapa penghasilan Mia Khalifa?

Kasus sengketa perbatasan China-India memang telah berlangsung lama namun kasus itu bukan satu-satunya yang dimiliki China. Pemerintah China memiliki sengketa perbatasan dan wilayah dengan 18 negara termasuk Indonesia.

Halaman
1234
Editor: Alfred Dama
Sumber: Grid.ID
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved