Breaking News:

Ini Tips Menjaga Kesehatan Mental Bagi Orangtua

Untuk meningkatkan kesejahteraan secara keseluruhan, orangtua tidak bisa hanya berfokus pada kesehatan fisik

POS-KUPANG.COM/TENI JENAHAS
Peserta kegiatan saat melakukan game ilustrasi tentang menjaga kesehatan mental, Kamis (25/6/2020). 

Ini Tips Menjaga Kesehatan Mental Bagi Orangtua

POS KUPANG.COM| ATAMBUA--Untuk meningkatkan kesejahteraan secara keseluruhan, orangtua tidak bisa hanya berfokus pada kesehatan fisik. Kesehatan mental juga memainkan peran yang besar dalam kehidupan, termasuk mengasuh anak. Kesehatan mental sebagai kemampuan diri sendiri untuk mengelola perasaan dan menghadapi kesulitan sehari-hari.

Hal itu disampaikan Penanggung Jawab Pengasuhan Postif LPPA Mitra Childfund, Christiani Natalia Banik, S.Psi saat memberikan pelatihan kepada fasilitator pengasuhan anak generasi Z dan Alfa di Hotel Matahari, Kamis (25/6/2020).

Menurut Christiani, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan orang tua dalam menjaga kesehatan mental antara lain, mengontrol emosi dan percaya pada diri sendiri. Mengontrol emosi adalah hal yang perlu diperhatikan dalam mengasuh anak generasi Z dan Alfa.

Mengendalikan emosi dapat dilakukan dengan cara mengurangi perasan negatif dan hal itu hanya bisa dilakukan diri sendiri. Semakin banyak menampung perasan negatif akan berdampak pada diri sendiri. Menampung perasaan negatif ibarat menyimpan bom yang menunggu waktu untuk meledak.

Dalam konteks pengasuhan anak, perasaan emosi bisa terbawa dalam tindakan yang berdampak pada anak itu sendiri. Pengasuhan anak generasi Z dan Alfa mesti memperhatikan cara dan kiat sebagaimana dalam tema kegiatan tersebut yakni, didiklah anak sesuai jamanya bukan sesuai jamanmu.

Menurut Christiani, latihan mengontrol emosi ini diilustrasi dengan lewat game yang dilakukan oleh peserta pelatihan.

Pola pengasuhan anak yang tergolong dalam generasi Z dan Alfa tidak sama dengan pola pengasuhan anak di generasi milenial. Generasi Z dan Alfa adalah anak-anak yang setelah lahir langsung terkontaminasi dengan teknologi seperti, gadget dan internet.

Universitas Tribuana Alor Peringan Beban Cicilan SKS buat Mahasiswa

Konflik Krisdyanti dan Dua Anaknya Makin Panas, Eks Anang Sebut Auriel dan Azriel Begini

Peringati Hari Bhayangkara ke-74, Polda NTT Gelar Rapid Tes dan Pengurusan SIM Gratis

Mengasuh anak yang tergolong dalam generasi ini pun tidak mudah. Dibutuhkan pemahaman yang baik dari orangtua bahkan membutuhkan kiat dan trik khusus. Dalam kegiatan tersebut, salah satu materi yang diberikan adalah menjaga kesehatan mental. (Laporan Reporter POS KUPANG.COM,Teni Jenahas).

Penulis: Teni Jenahas
Editor: Rosalina Woso
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved