Breaking News:

News

Pilkada Sumba Timur, KPU Tambah 103 TPS Baru dari Sebelumnya 470, Okto Landi Sebut Alasannya

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumba Timur menambah 103 Tempat Pemungutan Suara (TPS) pada pilkada di daerah itu.

POS-KUPANG.COM/OBY LEWANMERU
Ketua KPU Sumba Timur, Oktavianus Landi 

Laporan Wartawan Pos Kupang, Com, Oby Lewanmeru

POS KUPANG, COM, WAINGAPU - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumba Timur menambah 103 Tempat Pemungutan Suara (TPS) pada pilkada di daerah itu.

Penambahan TPS ini guna menghindari kerumunan warga saat melakukan pencoblosan.

Ketua KPU Sumba Timur, Oktavianus Landi, Senin (22/6), menjelaskan, sebelumnya, KPU setempat telah menetapkan 470 TPS untuk pilkada tahun ini. Namun dengan adanya Covid-19, maka protokol kesehatan wajib dilakukan. Karena itu, perlu ada penambahan TPS.

"Adanya pandemi Covid-19, maka terjadi perubahan jumlah pemilih setiap TPS. TPS yang direncanakan sebelumnya 470 TPS bertambah 103 TPS menjadi 573 TPS sehingga dampak ikutannya adalah anggaran," terang Oktavianus.

Dijelaskannya, upaya penambahan TPS itu bertujuan mengurangi kerumunan massa dengan cara pengurangan jumlah pemilih per TPS. Awalnya, kita tetapkan 470 TPS, namun saat ini menjadi 573 TPS.

"Akibat penambahan TPS itu, yakni dari 470 menjadi 573 TPS, maka ada konsekensi logis penambahan anggaran pilkada," katanya.

Ditanyai soal pengusulan tambahan anggaran, Oktavianus menyebut Rp 1,7 miliar agar bisa melaksanakan kegiatan dengan standar protokol kesehatan. Dia mengakui, KPU Sumba Timur telah mengaktifkan kembali panitia ad hoc sehingga tahapan pilkada dimulai kembali.

"Kita juga sosialisasi tahapan pilkada bukan lagi di bulan September tapi diundur Desember mendatang," katanya. *

Penulis: Oby Lewanmeru
Editor: Benny Dasman
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved