Baru 93 PMI Tiba di NTT Dari 4.200 PMI Yang Dijadwalkan Pulang Akhir Mei 2020

Baru sebanyak 93 pekerja migran Indonesia (PMI) asal NTT yang tiba di NTT hingga Selasa (2/6) dari total 4.200 PMI

POS-KUPANG.COM/RYAN NONG
Satu PMI asal NTT saat mengisi dokumen usai tiba di Bandara El Tari Kupang pada Senin (1/6) 

Baru 93 PMI Tiba di NTT Dari 4.200 PMI Yang Dijadwalkan Pulang Akhir Mei 2020

POS-KUPANG.COM | KUPANG -- Baru sebanyak 93 pekerja migran Indonesia (PMI) asal NTT yang tiba di NTT hingga Selasa (2/6) dari total 4.200 PMI yang dijadwalkan pemerintah Provinsi NTT akan dipulangkan pada Akhir Mei 2020. 

Total 93 PMI itu termasuk 11 PMI yang tiba pada Senin (1/6/2020) melalui penerbangan Lion Air dari Jakarta serta satu PMI Asal Flores Timur yang dijadwalkan tiba hari (Selasa, 2/6). PMI tersebut merupakan anggota rombongan yang tercecer dari 11 PMI yang tiba sebelumya. 

Plt Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi NTT, Silvy Pekudjawang ketika ditemui POS-KUPANG.COM pada Selasa mengatakan, para PMI bisa dipulangkan setelah mereka dipastikan negatif Cobid-19. 

Hal tersebut dibuktikan dengan surat keterangan bebas Covid-19 yang mereka kantongi. 

"Hari ini satu orang dari Kabupaten Flores  Timur dari jalur penerbangan yang sama. Sebenarnya masuk rombongan dengan yang sebelumnya. Mereka bisa dipulangkan setelah negatif Covid-19 dan mereka datang dengan surat keterangan bebas Covid-19," ujar Sylvi di Kantornya. 

Ia menjelaskan, terminologi pemulangan berbeda dengan para PMI pulang sendiri. Pemulangan dilakukan oleh pemerintah negara tempat PMI dengan fasilitasi pemerintah RI karena ada beberapa persoalan. 

"Ada masalah, overstay, kelamaan tinggal, ilegal tanpa surat, narkoba, dan banyak banyak ini karena narkoba. Mereka ini dipulangkan," katanya. 

Ia menjelaskan, pemulangan para PMI dilakukan melalui pintu masuk PLBN di batas negara. 

Pemerintah Provinsi melalui Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi bersama stakeholder terkait seperti BP3TKI dan Dinas Sosial serta Gugus Tugas Covid-19 Provinsi memfokuskan pada kesiapan menerima kepulangan PMI di NTT. 

Halaman
12
Penulis: Ryan Nong
Editor: Rosalina Woso
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved