Renungan Harian Katolik

Hari VI Novena Roh Kudus: Gaudete in Christo: Sukacita dalam Kristus

Marilah kita satukan hati kita dengan hati Yesus agar seluruh karya dan usaha kita benar-benar lahir dari persatuan pribadi dengan Dia

Dok pribadi
RD Eman Kiik Mau 

Renungan Harian Katolik, Rabu, 27 Mei 2020

Hari VI Novena Roh KudusGaudete in Christo: Sukacita dalam Kristus (Yoh 17:11b-19)

Oleh: RD. Eman Kiik Mau

POS-KUPANG.COM - Sebelum berpulang kepada Bapa, Yesus berdoa bagi para murid-Nya. Ia minta supaya Bapa memelihara mereka dalam nama-Nya dan melindungi mereka dari yang jahat. Sebab selama hidup di dunia ini, mereka selalu ada dalam bahaya. Doa menjadi kekuatan bagi para murid khususnya untuk menjalani hidup dan panggilan di dunia ini.

Doa Yesus bagi para murid mengandung makna yang mendalam. Yang dimohonkan oleh Yesus ialah agar Bapa memelihara dan menjaga mereka dalam nama-Nya supaya mereka menjadi satu - ut unum sint - sama seperti Bapa dan Anak adalah satu.

Karena kasih Yesus yang besar kepada para murid, maka Ia mohon supaya sukacita-Nya penuh di dalam hidup para murid.

Sukacita adalah anugerah eskatologis yang dijanjikan oleh Yesus sendiri. Ia mengimbau para murid untuk meminta sehingga dapat menerimanya supaya sukacitanya menjadi penuh.

Sukacita yang total itu sama dengan persekutuan atau communio Ilahi Bapa dan Putra dan Roh Kudus.

Maka sukacita Yesus menjadi penuh di dalam diri para murid ketika para murid bersekutu atau ber-communio dan menjadi bagian dari Yesus Kristus.

Memang sebagaimana dikatakan Yesus sendiri bahwa para murid berada di dunia, tetapi mereka bukan berasal dari dunia sehingga pantaslah dunia membenci mereka.

Para murid ada di dunia, tetapi bukan milik dunia, melainkan milik Allah. Mereka ambil bagian dalam kehidupan Allah yang kudus. Juga ambil bagian dalam karya kasih Tuhan yang menyelamatkan.

Kehadiran Yesus bawa keselamatan ke dalam dunia, demikian pula kita para murid harus bawa keselamatan bagi sesama yang ada di sekitar kita.

Di hari keenam Novena Roh Kudus ini, marilah kita satukan hati kita dengan hati Yesus yang senantiasa berdoa agar seluruh karya dan usaha kita benar-benar lahir dari persatuan pribadi dengan Dia.

Tugas kita sebagai anggota Gereja saat ini ialah menghidupi Sukacita dalam Kristus - Gaudete in Christo, dengan tekun dan setia di dalam doa agar mampu berbagi sukacita itu dengan sesama.

Doa: Ya Tuhan, ajarilah kami berdoa seperti Engkau mendoakan kami umat-Mu. Amin.

Editor: Agustinus Sape
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved